Find Us On Social Media :

Makan Dada Ayam atau Salmon Kurangi Risiko Stroke

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 15 Juni 2014 | 15:00 WIB

Makan Dada Ayam atau Salmon Kurangi Risiko Stroke

Intisari-Online.com – Diet protein tinggi dapat melindungi diri dari stroke, terutama jika mengandung banyak ikan.

Para ilmuwan Cina telah menemukan bahwa sedikitnya makan satu potong dada ayam atau fillet salmon kurangi risiko stroke hingga 20 persen. Asupan disarankan sekitar 20 gram setiap hari.

Dan untuk setiap asupan protein tambahan sekitar 20 gram yang dimakan per hari, risiko stroke berkurang sekitar 26 persen. Hanya satu porsi 20 gram saja protein sehari dapat memangkas risiko stroke sebesar 20 persen, dan ikan sangat bermanfaat, kata para ilmuwan.

Penjelasan yang mungkin adalah bahwa protein mempunyai efek menurunkan tekanan darah, kata Dr. Xinfeng Liu, dari Nanjing University School of Medicine. Sementara ikan mengandung asam lemak omega-3 dan beberapa unsur gizi lainnya termasuk protein yang dapat melindungi terhadap stroke.

Tapi temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology, tidak mendukung peningkatan konsumsi daging merah, yang dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih besar.

“Hasil ini menunjukkan bahwa daging merah dapat diganti dengan sepotong dada ayam atau fillet salmon untuk mengurangi risiko stroke,” kata Dr. Liu, seperti dilansir Daily Mail. Dalam hal ini protein hewani tampaknya lebih protektif dari protein nabati.

Peneliti menganalisis temuan dari tujuh penelitian diet yang melibatkan total 254.489 orang yang kemajuannya dipantau selama rata-rata 14 tahun. Untuk setiap 20 gram tambahan protein yang dimakan, seperti dada ayam atau fillet ikan risiko stroke berkurang sebesar 26 persen.

Mereka yang makan protein paling banyak, 20 persen lebih kecil kemungkinannya menderita stroke daripada mereka yang mengonsumsi protein lebih rendah. Dr. Lui juga menambahkan, jumlah protein yang dapat menurunkan risiko stroke secara moderat, setara dengan 20 gram per hari.

Diperkirakan 1,4 juta kematian stroke dapat dicegah di seluruh dunia setiap tahun oleh konsumsi protein yang lebih banyak.

Meski kelihatannya tidak banyak, namun satu potong dada ayam atau fillet salmon dapat mengurangi risiko stroke.

Baca juga: Hati-hati stroke ancam kaum muda.