Find Us On Social Media :

Bolehkah Makan Obat Kimia dan Obat Herbal Bersamaan?

By Ade Sulaeman, Rabu, 25 Juni 2014 | 18:00 WIB

Bolehkah Makan Obat Kimia dan Obat Herbal Bersamaan?

Intisari-Online.com - Saat sakit tidak kunjung sembuh, beberapa orang kerap mencoba beragam jenis obat. Bahkan ada juga yang “mengkombinasikannya”. Karena bisa saja menimbulkan reaksi yang berbahaya. Misalnya yang terjadi saat makan obat kimia dan obat herbal bersamaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Nurul menyarankan untuk tidak menggunakan obat dari dua sumber yang berbeda.(Baca juga: Herbal Pelancar Darah

Meski sebenarnya, menurut Nurul, hal ini bukan tanggung jawab utama pasien. Karena seharusnya dokter atau farmasis bertanya apakah pasien menggunakan obat lain saat itu. Salah satunya mencegah pasien makan obat kimia dan obat herbal bersamaan.

Maklum, senyawa kimia pada obat kimia biasanya langsung menuju bagian yang dikeluhkan atau sakit. Sementara obat herbal tidak demikian karena perannya lebih pada mengembalikan kandungan zat-zat yang ada pada kondisi normal atau seharusnya.

Untuk itu, Nurul menyarankan “Saat sedang mengonsumsi obat kimia, sebaiknya hentikan dahulu obat herbalnya. Pasalnya, khawatir ada campuran bahan kimia yang akan menimbulkan reaksi lain dalam obat tersebut.”

Jadi, ingat, jangan makan obat kimia dan obat herbal bersamaan, ya. (Annelis Brilian/tabloidnova.com)