Find Us On Social Media :

Inilah Lima Mitos Kecantikan yang Benar

By Chatarina Komala, Sabtu, 5 Juli 2014 | 16:00 WIB

Inilah Lima Mitos Kecantikan yang Benar

Intisari-Online.com – Sejak kecil, kita dijejali begitu banyak informasi oleh orang di sekitar kita. Tentang bagaimana untuk terlihat dan mendapatkan penampilan yang cantik, tentang apa yang harus dilakukan atau dihindari. Sementara terkadang mereka tidak mampu menjelaskan hal tersebut, kita pun lantas menganggapnya sebagai mitos. Namun, jangan kaget. Sebab berikut adalah lima mitos kecantikan yang benar, serta penjelasan logisnya.(Baca juga: Mitos Bayi Yang Tidak Benar

1. Menggosok mata mengakibatkan keriput di bawah mata

Ketika menggosok kulit di bawah mata terlalu sering, maka gesekan menyebabkan elastisitas kulit di daerah itu melemah. Kulit di bawah mata adalah kulit yang paling tipis. Itulah sebabnya menggosok mata bisa mempengaruhi area tersebut jauh lebih cepat daripada area lain. Elastisitas yang hilang akan menyebabkan kulit longgar dan keriput.

 2. Tidur dengan riasan menyebabkan jerawat

Secara langsung, riasan tidak menyebabkan jerawat. Namun, ketika kita membiarkan riasan itu menempel selama berjam-jam, maka hal tersebut akan menyumbat pori-pori kulit. Pada malam hari, kulit pun perlu beristirahat. Kulit memerlukan regenerasi sel agar tetap terlihat segar di pagi hari. Ketika kita tidur dengan riasan, pori-pori kulit akan tersumbat dan tidak memungkinkan sel-sel kulit untuk bekerja. Pori-pori yang tersumbat pun kemudian memiliki akumulasi minyak, debu, dan kotoran yang akhirnya menyebabkan jerawat.

3. Kebiasaan makan mempengaruhi jerawat

Sebagai seorang remaja, setiap gadis tentu ingin menikmati junk food dan juga ingin terlihat cantik pada saat yang sama. Melarang konsumsi makanan berminyak untuk mencegah jerawat pun dianggap sebagai mitos. Padahal, makanan pedas dan berminyak membuat suhu tubuh menjadi panas, perut menjadi tersumbat, dan menyebabkan masalah pencernaan yang akhirnya mengakibatkan jerawat. Bahkan, hormon setiap orang juga bereaksi berbeda terhadap makanan yang berbeda. Jika kita tidak membuang racun dari tubuh secara teratur dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka junk food yang telah kita makan akan segera mengakibatkan jerawat.(Baca juga: Salah Kaprah Mitos Keperawanan

4. Bir membuat rambut lebih tebal

Secara langsung, bir memang tidak membuat rambut menjadi tebal. Namun, berbagai zat yang terkandung dalam bir mampu membuat rambut menjadi lebih indah dan sehat. Bahkan, kandungan alkohol di dalamnya juga dapat digunakan sebagai pengganti shampo untuk membersihkan rambut. (Magforwomen)