Find Us On Social Media :

Sering Marah-marah Bisa Picu Stroke

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 8 Juli 2014 | 13:00 WIB

Sering Marah-marah Bisa Picu Stroke

Intisari-Online.com – Sifat seseorang ternyata juga berpengaruh pada risiko stroke. Memiliki sifat yang temperamental atau mudah marah dapat meningkatkan risiko stroke. Sering marah-marah bisa picu stroke, bahkan hingga tiga kali lipat, demikian penelitian dari Harvard University.

Saat marah-marah, pembuluh darah cenderung menyempit sehingga tekanan darah pun meningkat. Mereka yang temperamental mengalami lebih banyak penebalan pada pembuluh darah di sekitar leher, sehingga risiko tersumbatnya aliran darah ke jantung pun meningkat. Inilah yang diketahui sebagai pemicu stroke.

Bahayanya lagi, stroke bisa menyerang tanpa disadari. Bila demikian, waktu penanganan stroke pun menjadi lebih lama, dan risiko cacat pun meningkat.

(Baca juga: Stroke Pengganggu Aktivitas)

Ketika mengalami stroke, aliran darah pada bagian tertentu di otak akan menurun. Jika penurunan tidak signifikan, maka tidak akan terjadi gejala yang bisa dirasakan. Hingga pasien mengalami keluhan dan memeriksakan diri, barulah terdeteksi adanya kerusakan permanen di otak.

Peneliti asal Amerika Serikat mengungkap, sering marah-marah yang bisa picu stroke juga tinggi pada mereka yang sudah memiliki banyak faktor risiko stroke lainnya, seperti orang dengan kadar kolesterol tinggi, memiliki kebiasaan merokok, diabetes, hingga memiliki riwayat stroke dalam keluarga. Demikian dilansir dari webmd.

Mereka mengidentifikasi bahwa orang yang berisiko tinggi tersebut berada dalam periode berbahaya sekitar dua jam setelah meluapkan kemarahannya. Artinya, dua jam pertama setelah seseorang meluapkan kemarahan, risiko stroke meningkat.

Dalam stroke, dikenal sebuah periode emas untuk hasil terbaik mencegah kecacatan. Karena itu, bila terjadi tanda-tanda ringan sekalipun, Anda harus segera waspada. Tanda-tanda itu yaitu:

Nah, demikianlah bila sering marah-marah pun bisa picu stroke.  Karena itu ubah sifat temperamental Anda sekarang juga. (Unoviana Kartika – kompas.com)

(Baca juga: Hati-hati Stroke Ancam Kaum Muda )