Find Us On Social Media :

Lindungi Gigi dari Soda dan Jus Buah

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 19 Juli 2014 | 18:30 WIB

Lindungi Gigi dari Soda dan Jus Buah

Intisari-Online.com – Dengan kemasan dan merek yang dibuat sedemikian rupa, banyak orang tertipu oleh makanan atau minuman tertentu. Bisa jadi makanan atau minuman tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh, seperti gula dan asam dalam kadar yang tinggi.

Prof. Laurence Walsh, dari Sekolah Kedokteran Gigi University of Queensland menjelaskan bahwa tidak ada jus buah, soda, minuman olahraga, dan minuman bebas gula yang aman untuk dikonsumsi. Karena itu, lindungi gigi dari soda dan jus buah, yang memang mengandung gula.

Minuman favorit segala usia mengandung gula serta beberapa jenis asam yang dapat merusak gigi, termasuk asam sitrat, asam fosfat, dan asam tartar. Agar tidak terjadi masalah, maka lindungi gigi dari soda dan jus buah, yang mengandung gula serta beberapa jenis asam tadi.

(Baca jug: Ingin Gigi dan Mulut yang Sehat? Berkumurlah Setelah Makan)

Menetralkan kandungan asam di dalamnya dengan membilasnya menggunakan air keran atau mengunyah permen karet bebas gula, saran Prof. Walsh seperti dikutip ABC Australia.

Anda juga bisa minum air mineral, terutama yang mengandung bikarbonat. Karena zat ini dapat menetralkan asam yang masuk ke mulut. Tapi, menghilangkan asam dari minuman ini bila sudah telanjur masuk, tidak bisa dilakukan dengan segera menyikat gigi. Lebih baik tunggu dulu hingga setengah jam, karena menyikat gigi justru akan menambah kerusakan pada enamel yang melunak akibat terkena soda.

Ingatlah, bahwa minuman yang terbaik untuk kesehatan adalah air putih. Bila Anda membatasi asupan minuman lain, rasanya tubuh akan mengatakan “terima kasih” kepada Anda.