Find Us On Social Media :

3 Cara untuk Membantu Ibu Hamil Meredakan Ketegangan dan Kelelahan

By Birgitta Ajeng, Minggu, 20 Juli 2014 | 14:00 WIB

3 Cara untuk Membantu Ibu Hamil Meredakan Ketegangan dan Kelelahan

Intisari-Online.com - Perbedaan kehidupan aktif perempuan hamil dengan yang tidak hamil adalah bertambahnya berat badan serta perasaan tak nyaman karena ada bayi di dalam tubuh. Semakin tua usia kehamilan, calon ibu membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk bersantai secara mental dan fisik. Berikut beberapa cara untuk membantu ibu hamil meredakan ketegangan dan kelelahan.

1. Buat tubuh terasa nyaman

Pastikan Anda duduk atau berbaring nyaman. Jika Anda lebih suka duduk di kursi, pastikan punggung tertopang bantal, dan kaki rata di lantai atau diletakkan di atas bantal. Sebagai alternatif, Anda bisa menaruh kepala ke tangan yang terlipat di atas beberapa bantal yang diletakkan di atas meja. Anda bisa melakukannya dengan mata terpejam atau terbuka, tergantung mana yang terasa lebih menyenangkan.

(Baca juga: Ketagihan Seks Bisa Berakibat Buruk)

2. FItur pernapasan

Mulailah dengan mengembuskan napas perlahan melalui mulut untuk mengosongkan paru paru. Lalu, tutup mulut dan hirup udara secara perlahan melalui hidung. Cara tersebut membuat napas terasa lebih dalam dan membuat tenang. Bernapas dengan cara seperti ini juga membantu membersihkan udara kotor dari dasar paru-paru. Ulangi beberapa kali. Tubuh akan mulai terasa rileks saat mengembuskan napas. Teruskan hingga Anda bernapas dengan irama perlahan dan nyaman.

3. Tenangkan pikiran

Menenangkan pikiran sama pentingnya dengan membuat tubuh menjadi rileks. Singkirkanlah segala gangguan dari sekeliling Anda. Matikan musik dan televisi. Pejamkan mata dan berkonsentrasilah pada cara mengatur napas dan apa yang dirasakan tubuh saat Anda mulai rileks. Kalau pikiran mulai melayang ke hal-hal yang mengganggu, cobalah melupakannya perlahan-lahan.

(Baca juga: 5 Kebiasaan Sehat Mengontrol Nafsu Makan)

Gambarkan sebuah pemandangan menyenangkan yang membuat Anda bahagia dan rileks. Jelajahi terus dan pikirkan setiap detilnya dan bayangkan Anda benar- benar berada di sana. Lakukanlah paling tidak selama dua puluh menit, lalu buka mata Anda, regangkan sedikit untuk mengakhirinya.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk membantu ibu hamil meredakan ketegangan dan kelelahan. Semoga bermanfaat. (Sumber: buku Tanya Jawab Kehamilan)