Find Us On Social Media :

Merayakan Lebaran dengan Sehat

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 22 Juli 2014 | 19:15 WIB

Merayakan Lebaran dengan Sehat

Intisari-Online.com – Idul Fitri atau Lebaran menandai waktunya perayaan bagi jutaan umat Muslim di seluruh dunia. Saat ini adalah saatnya berkumpul dengan keluarga, berdoa, saling memberi hadiah, dan merayakan kemenangan. Dan makanan sering memainkan peran penting dalam perayaan ini. Bagaimana merayakan Lebaran dengan sehat?

Makanan meriah, mewah dengan ritual bervariasi antara negara dan masyarakat. Misalnya, di India, Pakistan, dan Fiji, keluarga makan Savayya untuk sarapan (ini adalah hidangan ringan, mie sohun panggang), sedangkan di masyarakat lain, menggunakan kurma sebagai makanan pertama untuk berbuka. Sementara di Indonesia, ikan hampir tidak digunakan dalam hidangan perayaan Lebaran.

Terkadang ketika makan masakan Lebaran, dengan mudahnya kita melupakan dan menikmati terlalu banyak makanan yang mengandung garam dan lemak jenuh. Nah, kini ada baiknya selama perayaan Lebaran memeriksa kembali apakah makanan yang kita masak ini cukup sehat meski tetap mengutamakan masakan tradisional. Berikut ini beberapa cara untuk membuat makanan favorit Lebaran dengan sehat, agar kita merayakan Lebaran pun dengan sehat, seperti dilansir dari eatwellscotland.org.

(Baca juga: Makan Sehat di Saat Lebaran)

Nah, itu tadi merayakan Lebaran dengan sehat yaitu dengan sajian makanan yang sehat. Anda mau mencoba?