Find Us On Social Media :

6 Alasan Bayi Terbangun Tengah Malam

By Mohamad Takdir, Senin, 4 Agustus 2014 | 16:00 WIB

6 Alasan Bayi Terbangun Tengah Malam

Intisari-Online.com - Keluhan utama orang tua yang baru memiliki bayi adalah waktu tidur mereka yang berkurang sebab bayi acap kali terbangun tengah malam. Inilah enam alasan bayi terbangun tengah malam.1. Siklus tidurPerlu Anda ketahui, bayi usia 0 hingga 1 tahun, memerlukan waktu tidur sebanyak 14 sampai 15 jam, terdiri dari delapan jam tidur malam, dan enam atau tujuh jam tidur siang. Nah, di antara waktu tersebut, bayi memberitahukan ibu bahwa mereka sudah terjaga dengan cara menangis.

(Baca juga: Kereta Bayi Memicu Stres)

2. LaparBayi memiliki perut yang kecil. Mereka makan dan minum dalam porsi yang sedikit, tapi metabolisme pencernaannya sangat cepat, terutama pada bayi dengan makanan utamanya adalah susu dan ASI. Maka dari itu, bayi yang menyusui lebih mudah terbangun saat tengah malam, karena tubuh mereka mulai terasa lapar dan membutuhkan lebih banyak susu.

3. Tumbuh gigiTumbuh gigi baru acap kali membuat gusi bayi terasa nyeri dan gatal.  4. Posisi tak nyamanBayi yang baru lahir tidak bisa menggerakkan tubuhnya sendiri untuk mengganti posisi. Cara mereka untuk mengutarakan bahwa posisi tidurnya sudah tak lagi nyaman, tentunya dengan menangis.  

(Baca juga: Variasi Emosi Bayi)

5. Suhu yang terlalu dingin atau panasKulit bayi sangat sensitif dengan temperatur ruangan. Jika bayi merasa kepanasan atau kedinginan, otomatis mereka akan terbangun dan menangis.6. Sakit perutBayi sering mengalami sakit perut karena masuk angin, atau kualitas makanan yang dicernanya kurang baik.

Bingung kenapa bayi bangun tengah malam? Enam alasan bayi terbangun tengah malam ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda. (Kompas)