Find Us On Social Media :

Sebaiknya Lepas Lensa Kontak Saat Berenang

By Mohamad Takdir, Selasa, 19 Agustus 2014 | 18:00 WIB

Sebaiknya Lepas Lensa Kontak Saat Berenang

Intisari-Online.com -  Lensa kontak dikenal praktis dan juga membantu penampilan. Namun amankah memakai lensa kontak saat berenang? Sebaiknya lepas lensa kontak saat berenang.

Badan pengawas makanan dan obat Amerika Serikat (FDA) merekomendasikan untuk selalu melepas penggunaan lensa kontak saat melakukan kontak apapun dengan air. Ini termasuk berenang dan menyelam. Manny Alvarez, praktisi kesehatan asal New York menjelaskan, lensa kontak memiliki pori sehingga dapat menyerap bakteri dan senyawa kimia yang ditemukan di air.

(Baca juga: Mata Merah Korban Salah Kaprah)"Penyerapan inilah yang memicu infeksi, iritasi, dan kondisi yang berpotensi mengancam jiwa," ujar kontributor kesehatan di Fox News ini. Sebaiknya lepas lensa kontak saat berenang.Mikroorganisme yang ditemukan pada kolam renang tidak sebanyak yang ditemukan di danau atau laut yang lebih alami, namun potensinya untuk menyebabkan infeksi bagi mata tetap ada. Paparan air menyebabkan lensa kontak terlalu lekat menempel pada mata. Klorin yang ditambahkan pada kolam renang untuk membantu menjaga air tetap bersih juga dapat membuat mata iritasi. Untuk melindungi mata sebaiknya menggunakan kacamata renang.

(Baca juga: Makanan Untuk Kesehatan Mata)Bagaimana jika sudah memakai lensa kontak dan berada di air? "Bila mata kemasukan air, maka pastikan untuk melepas lensa kontak sesegera mungkin," saran Alvarez.Penggunaan lensa kontak saat berenang mungkin akan menimbulkan gejala seperti mata merah, iritasi, nyeri, atau mata sensitif terhadap cahaya. Jika sudah mengalami gejala ini, maka sebaiknya seseorang segera mencari penanganan. Sebaiknya lepas lensa kontak saat berenang. (Kompas)