Find Us On Social Media :

Apa Saja Penyebab Rambut Rontok (1)

By Mohamad Takdir, Rabu, 20 Agustus 2014 | 06:00 WIB

Apa Saja Penyebab Rambut Rontok (1)

Intisari-Online.com - Rambut rontok tidak mengenakkan. Ada banyak penyebab, mulai dari faktor genetik, penuaan, hingga kondisi penyakit. Lalu apa saja penyebab rambut rontok? 1. Dibius dan operasiOperasi besar yang menggunakan anestesi dapat menyebabkan kerontokan rambut hingga tiga bulan pascaoperasi. Anestesi dan juga tindakan operasi sebenarnya membuat tubuh Anda 'stres' secara fisik. Stres ini berpotensi memengaruhi siklus pertumbuhan rambut di kepala, termasuk kerontokannya hingga berbulan-bulan. Namun, ini bersifat sementara.

(Baca juga: Rambut Rusak Akibat Rebonding)2. Obat-obatanBeberapa obat resep dokter punya efek samping yang bisa merontokkan rambut. Misalnya obat pengencer darah, suplemen vitamin A, obat artritis, obat asam urat, antidepresan, obat untuk penyakit jantung, tekanan darah, dan pil KB. Jika Anda mengalami efek samping tersebut, konsultasikan pada dokter untuk meminta alternatif obat lain.3. Penyakit tiroidApa saja penyebab rambut rontok? Gangguan pada kelenjar ini paling sering menyebabkan kerontokan rambut. Pasalnya, penyakit ini terjadi karena masalah hormonal. Kelenjar tersebut memproduksi terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit hormon tiroid. Ketika kelenjar tiroid terlalu aktif atau pasif, rambut dapat rontok dalam jumlah banyak. Mengobati penyakit tiroid pada umumnya akan memulihkan kerontokan tersebut.4. Peralatan kecantikan rambutRusaknya rambut sering dikaitkan dengan peralatan kecantikan rambut. Pengering rambut adalah salah satunya. Alat ini, termasuk besi pengeriting dan catok, mengalirkan panas ke rambut. Suhu tinggi pada rambut dapat menyebabkan kerontokan bahkan kerusakan hingga terlihat botak. Hindari pula menggunakan peralatan tersebut ketika rambut basah. Suhu tinggi akan memanaskan air yang masih ada di rambut dan menyebabkannya rusak.

(Baca juga: Bagaimana Mendapatkan Rambut Berkilau)5. AnemiaAnemia yang disebabkan kekurangan zat besi seringkali membuat rambut gampang rontok. Anemia bisa terjadi karena pola diet yang buruk, kehilangan darah, atau kondisi tubuh yang sulit menyerap zat besi. Agar rambut kuat, rutinlah mengonsumsi makanan sumber zat besi.

Apa saja penyebab rambut rontok? Masih akan dibahas di bagian dua tulisan ini. (Kompas)