Find Us On Social Media :

Apa Bahaya Menggigit Kuku Sendiri?

By Mohamad Takdir, Jumat, 22 Agustus 2014 | 18:30 WIB

Apa Bahaya Menggigit Kuku Sendiri?

Intisari-Online.com - Apakah ketika gugup Anda suka menggigit kuku? Kebiasaan yang umumnya dimiliki anak-anak ini kadang berlanjut sampai dewasa. Apa bahaya menggigit kuku sendiri? Anda bisa terkena flu dan penyakit infeksi lainnya karena kuku yang kotor digigit serta bisa masuk ke dalam mulut.

(Baca juga: Flu Tidak Membutuhkan Antibiotik)Risiko lain menurut Rochele Torgerson, dokter kulit di Mayo Clinic, kebiasaan tersebut juga meningkatkan risiko paronychia atau infeksi kulit di sekeliling kuku. Apa bahaya menggigit kuku sendiri? "Bagian kulit sekitar kuku akan menjadi merah, bengkak, dan nyeri. Ini adalah gejala infeksi. Walau sebagian besar disebabkan oleh bakteri, tapi jamur juga bisa jadi pemicunya," katanya.Bukan hanya itu, jika kita menderita kutil, menggigit kuku akan menyebabkan kutil tersebut menyebar ke bagian tubuh lain. Ini karena kutil disebabkan oleh salah satu dari berbagai jenis human papillomavirus (HPV), virus yang menular.

(Baca juga: 10 Penyebab Flu)Selain hanya "iseng" atau mengusir rasa bosan, kebiasaan menggigit kuku juga kebiasaan yang muncul saat seseorang merasa cemas. Kebiasaan buruk ini juga akan berdampak negatif pada gigi karena akan mengikis enamel gigi dan juga infeksi pada gusi akibat kuman di tangan berpindah ke mulut. Tampaknya sudah banyak jawaban atas pertanyaan apa bahaya menggigit kuku sendiri. Jika sadar, kita harus hentikan kebiasaan buruk itu. (Kompas)