Find Us On Social Media :

Telinga Berdenging Tanda Penyakit (2)

By Moh Habib Asyhad, Senin, 1 September 2014 | 19:45 WIB

Telinga Berdenging Tanda Penyakit (2)

Intisari-Online.com - Sering kali kita merasa tiba-tiba ada denging di telinga; semacam sensari suara yang sebenarnya bukan berasal dari suara di sekitar. Biasanya, denging itu serupa suara ponsel, siulan, teriakan, atau getaran. Waspadalah, karena telinga berdenging tanda penyakit.

Dunia medis mengenal denging pada telinga dengan tinitus. Ada yang bersifat sementara, ada juga mendengarnya terus menerus. Ini terjadi karena ada kelainan atau abnormalitas pada sistem saraf.(Baca juga: Cutton Bud Berbahaya Bagi Telinga

Di bawah ini beberapa penyakit yang biasanya ditandai oleh tinitus.

Displasia fibromuskular

Displasia fibromuskular (FMD) adalah kondisi vaskuler yang menyebabkan satu atau lebih pembuluh tumbuh tidak normal. FMD membuat pembuluh bisa membesar atau mengecil. Implikasinya adalah tekanan darah menjadi tinggi, gagal ginjal, atau stroke. Jika FMD terjadi pada arteri vertebral atau karotid, biasanya akan dialami telinga berdenging.

Diabetes

Suara denginan di telinga juga terkait dengan peningkatan kadar gula darah pada penyandang diabetes.

Gangguan pendengaran karena suara bising

Sering terpapar suara yang keras seperti sirene, musik, atau petasan dapat menyebabkan tuli permanen atau tinitus pada sebelah atau kedua telinga. "Kehilangan pendengaran karena suara atau noise-induced hearing loss (NIHL) dapat disebabkan karena trauma akustik satu kali akibat ledakan tiba-tiba, suara tembakan, atau petasan. Bagaimanapun, NIHL dapat semakin parah bila mendengar suara keras terus-menerus," catat British Medical Journal.

Gangguan sendi rahang

Gangguan sendi rahang atau temporomandibular disorder (TMD) merujuk pada rasa sakit atau disfungsi pada sendi rahang dan jaringan di sekitarnya. Gejalanya adalah sulit menggerakan rahang, sulit berbicara, makan, membuat ekspresi wajah, bahkan bernapas. Gangguan ini juga akan membuat penderitanya dua kali lebih beresiko gangguan saraf, termasuk tinitus.(Baca juga: Lima Solusi Mengeluarkan Air yang Masuk ke Telinga

Lyme

Penyakit Lyme disebabkan oleh infeksi gigitan kutu, dan membuat rasa tidak nyaman pada telinga. "Meskipun jarang, penderita penyakit Lyme dapat mengalami tinitus, termasuk kehilangan pendengaran atau masalah pada vestibular," ujar Benjamin Asher, MD, anggota Yayasan Internasional Penyakit Lyme dan Sejenisnya.Jadi, tetaplah waspada dengan telingan yang tiba-tiba berdenging. Karena telinga berdenging tanda penyakit. (Kompas.com)--> Telinga Berdenging Tanda Penyakit (1)