Find Us On Social Media :

Semua Diet Ternyata Efektif!

By Lila Nathania, Jumat, 5 September 2014 | 13:00 WIB

Semua Diet Ternyata Efektif!

Intisari-Online.com - Mulai dari diet rendah karbohidrat, diet rendah lemak, diet makanan seimbang, sampai diet food combining, semua diet ternyata efektif! Peneliti mengatakan bahwa pada dasarnya semua diet dapat memberi hasil yang sama asalkan Anda konsisten dalam menjalaninya.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association ini melibatkan 48 percobaan oleh peneliti Kanada. Mereka menyimpulkan bahwa jenis diet yang Anda pilih sebenernya tidak terlalu penting. Konsistensi Anda merupakan kuncinya.

Peneliti Universitas McMaster telah menganalisis 7.286 pediet yang mengalamai obesitas. Mereka menjalankan diet Atkins, South Beach, Zone, Biggest Loser, Jenny Craig, Nutrisystem, Volumetrics, Weight Watchers, Ornish dan Rosemary Conley.

Hasilnya? Semua diet ternyata efektif! Jenis diet apapun yang dipilih, semua bisa menurunkan berat badan asal dilakukan dengan konsisten. Perbedaan dari jenis diet yang dipilih sangat kecil sehingga tidak signifikan untuk dipertimbangkan pediet.

Meski begitu, hasil studi ini tidak melihat dampak dari diet terhadap kesehatan. Tingkat kolesterol atau gula darah mungkin meningkat bila Anda melakukan diet jenis tertentu. Kekurangan protein juga bisa terjadi bila Anda salah memilih diet.

Oleh karenanya, para ahli nutrisi menyarankan Anda untuk melakukan diet terbaik sesuai kondisi alih-alih mencari diet yang paling efektif. Jika Anda sangat suka makan nasi, roti, dan pasta, mungkin sudah saatnya melakukan diet rendah karbohidrat. Bila daging-dagingan selalu memenuhi piring Anda, cobalah diet rendah protein.

Meski semua diet ternyata efektif, coba pilih diet dengan bijak. Bila Anda adalah pecinta karbohidrat sejati, jangan pilih diet rendah lemak. Bisa-bisa Anda malah mengalami kenaikan berat badan karena dalam diet ini Anda tak harus membatasi konsumsi karbohidrat (BBC).