Find Us On Social Media :

Tanaman di Meja Kantor Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan dan Produktivitas

By Lila Nathania, Senin, 8 September 2014 | 13:00 WIB

Tanaman di Meja Kantor Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan dan Produktivitas

Intisari-Online.com - Apakah Anda merasa letih dan lesu selama bekerja? Mungkin kini saatnya untuk sedikit mendekorasi ulang tempat kerja Anda sebab tanaman di meja kantor ampuh tingkatkan kebahagiaan dan produktivitas.

Sebuah studi menunjukkan bahwa produktivitas pekerja meningkat 15% setelah meja kerjanya dihiasi dengan tanaman. Sebelumnya meja pekerja ini kosong dan tidak dihiasi apapun.

Setelah beberapa minggu, para pekerja di tiga perusahaan tempat percobaan ini dilakukan mengatakan bahwa mereka mendapatkan kualitas udara yang lebih baik. Mereka kemudian merasa lebih berenergi, mudah berkonsentrasi, dan puas dalam pekerjaan.

Alex Haslam, profesor bidang psikologi dari Universitas Queensland, mengatakan bahwa penemuan bahwa tanaman di meja kantor ampuh tingkatkan kebahagiaan dan produktivitas ini seharusnya dimanfaatkan dengan baik oleh para pemilik perusahaan. Berinvestasi dalam bentuk kantor yang hijau dan dihiasi banyak tanaman tentu merupakan suatu keuntungan.

Para peneliti juga menekankan pentingnya dekorasi tanaman di kantor karena belakangan ini semakin banyak desainer interior yang mempersempit dan menyederhanakan ruang kerja. Desain minimalis dikedepankan sehingga ruang kerja menjadi semakin ‘kering’.

Haslam mengkritik desain semacam ini karena hal tersebut terbukti membuat pekerja tidak bahagia dan kurang produktif. Menurut Haslam terkadang less is just less. Jadi jangan selalu beranggapan bahwa di ruang kerja prinsip less is more dapat diterapkan.

Berdasarkan kesimpulan Haslam, tanaman di meja kantor ampuh tingkatkan kebahagiaan dan produktivitas sebab kantor yang hijau mengirimkan pesan positif pada pekerja. Suasana ini membuat pekerja merasa para bos memedulikan kesejahteraan mereka.