Find Us On Social Media :

Agar Tubuh Tetap Terjaga Saat Berada di Rumah Sakit

By Chatarina Komala, Sabtu, 13 September 2014 | 06:00 WIB

Agar Tubuh Tetap Terjaga Saat Berada di Rumah Sakit

Intisari-Online.com – Memang, keberadaan rumah sakit dimaksudkan untuk menyembuhkan orang, namun tidak menutup kemungkinan membahayakan mereka juga. Berikut adalah beberapa langkah pencegahan sekaligus upaya meminimalisir risiko, agar tubuh tetap terjaga saat berada di rumah sakit

1. Riwayat medis

Informasikan kepada dokter atau bahkan perawat tentang riwayat kesehatan. Jangan lupa untuk tetap membawa semua file medis sebelum check-in. Dengan cara ini, mereka dapat membuat keputusan tentang segala hal terkait perawatan kita.

2. Teman

Jangan sendirian di rumah sakit. Kita bisa meminta anggota keluarga atua teman untuk menemani dan membantu kita. Sehingga, bersama-sama kita dapat ikut serta mengawasi proses dan membuat keputusan. Pastikan teman itu adalah seseorang yang kita percaya dan mampu menyampaikan keinginan kita kepada orang lain.

3. Harus ikut terlibat

Agar tubuh tetap terjaga saat berada di rumah sakit, libatkan diri kita pada setiap keputusan yang diambil oleh dokter atau perawat. Kita dapat ikut serta mendiskusikan langkah perawatan. Ini akan memberikan kita pemahaman yang lebih baik tentang prosedur, selain itu, kita juga dapat mengkomunikasikan ketakutan atau keraguan yang kita miliki.

4. Tanya soal pilihan

Jika kita tidak yakin tentang prosedur tertentu, kita bisa bertanya kepada dokter untuk pilihan lain yang tersedia. Pastikan kita paham semua manfaat dan risiko dari masing-masing pilihan. Jangan ragu juga untuk mengambil pendapat kedua atau mencoba terapi alternatif.

5. Pahami obatnya

Tanyakan kepada dokter tentang manfaat dan efek samping dari semua obat-obatan yang telah ditentukan. Pastikan resep menyertakan nama jelas dan obat yang kita pakai sesuai resep. Jangan lupa informasikan kepada dokter terkait semua obat-obatan, suplemen, dan perawatan lain yang sebelumnya atau sedang dijalani.

6. Kebersihan

Rumah sakit mengobati ratusan pasien pada yang sama, sehingga ada ribuan bakteri, virus, maupun infeksi yang beredar. Agar tubuh tetap terjaga saat berada di rumah sakit, mintalah perawat untuk mencuci tangan atau mengganti sarung tangan sebelum mereka memeriksa kita sebagai langkah pencegahan infeksi. (Healthmeup)