Find Us On Social Media :

Membatasi Jam Nonton Bisa Membantu Melawan Obesitas

By Chatarina Komala, Kamis, 25 September 2014 | 12:00 WIB

Membatasi Jam Nonton Bisa Membantu Melawan Obesitas

Intisari-Online.com - Selama sepuluh tahun terakhir, tingkat obesitas naik hampir dua kali lipat. Karenanya, membatasi jam nonton bisa membantu melawan obesitas. Setidaknya, orang dewasa dan anak-anak harus menerapkan hari bebas televisi atau membatasi menonton televisi selama dua jam sehari.Ada pun beberapa rekomendasi lain dari Institut Nasional Kesehatan Inggris (NICE) di antaranya, menghindari minuman dengan gula tambahan serta membatasi konsumsi makanan cepat saji. Panduan yang dibuat sejak tahun 2006 ini bertujuan untuk membantu orang-orang dalam menjaga berat badan yang sehat. 

Prof Mike Kelly, direktur Pusat Kesehatan Masyarakat di NICE, mengatakan, diet sehat dan melakukan aktivitas fisik adalah penting bagi semua orang, bukan hanya untuk mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. "Aturan umum untuk menjaga berat badan yang sehat adalah bahwa asupan energi melalui makanan dan minuman tidak boleh melebihi energi yang kita keluarkan sehari-hari," katanya.

Ia menambahkan, selain membatasi jam nonton bisa membantu melawan obesitas, secara tidak langsung, kita juga bisa berolahraga lewat aktivitas sehari-hari, misalnya mengganti menggunakan lift dengan naik tangga, makan lebih sehat, serta mengurangi konsumsi alkohol. (BBC)