Find Us On Social Media :

Rahasia di Balik Warna Mata

By Lila Nathania, Kamis, 25 September 2014 | 18:30 WIB

Rahasia di Balik Warna Mata

Intisari-Online.com - Zaman dulu kita tahu bahwa mata adalah jendela jiwa. Sekarang mata bukan hanya jendela jiwa namun juga jendela kesehatan. Semuanya rahasia tersimpan di balik warna mata Anda.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa warna mata memiliki efek pada bagaimana seseorang merasakan sakit. Toleransi terhadap alkohol dan kemampuan melakukan olahraga tertentu juga bisa dilihat dari warna mata seseorang.

Menurut peneliti dari Universitas Pittsburgh, perempuan bermata terang mengalami rasa sakit yang lebih sedikit saat melahirkan. Mereka juga bisa mengonsumsi lebih banyak alkohol sebelum menjadi mabuk.

Sedangkan itu mereka yang bermata gelap memiliki reaksi spontan yang lebih baik. Jadi orang-orang bermata gelap biasanya lebih berbakat dalam permainan atau olahraga yang membutuhkan reaksi cepat seperti bisbol.

Rahasia di balik warna mata berhasil ditemukan ilmuan yang meneliti gen manusia. Salah satu penemu hal unik ini adalah dosen senior sains biomolekular di Universitas John Moores Liverpool. Ia mengatakan bahwa warna mata dipengaruhi oleh 12 hingga 13 variasi gen. Gen tersebut juga memengaruhi sejumlah hal lain pada tubuh kita.

Studi serupa di Universitas Louisville juga menemukan bahwa perbedaan warna mata menimbulkan kecakapan yang tidak sama. Jika sudah disebutkan bahwa orang bermata terang lebih lambat memberikan reaksi, hal ini justru terkadang menjadi suatu keuntungan.

Orang bermata terang jadi lebih bisa melakukan aktivitas yang membutuhkan perencanaan. Belajar dan bermain golf biasanya relatif lebih mudah bagi mereka yang bermata terang. Itulah sekelumit rahasia di balik warna mata manusia (AOL).