Find Us On Social Media :

Makan Sehat dan Olahraga Ternyata Bukan Jaminan Bebas dari Diabetes

By Chatarina Komala, Kamis, 25 September 2014 | 07:00 WIB

Makan Sehat dan Olahraga Ternyata Bukan Jaminan Bebas dari Diabetes

Intisari-Online.com -  Diabetes biasanya selalu terkait dengan pola makan tak sehat dan intensitas olahraga yang terlalu sedikit. Namun, satu dari sepuluh orang yang didiagnosis diabetes tipe dua, ternyata memiliki berat badan yang sehat. Sementara itu, The National Diabetes Audit menemukan, sebanyak 0,4 persen penderitanya, sebenarnya memiliki bobot tubuh yang terbilang kurus. Ini menunjukkan bahwa, makan sehat dan olahraga ternyata bukan jaminan bebas dari diabetes. Diabetes merupakan penyakit kelebihan gula yang disebabkan karena hormon insulin sudah tidak mampu lagi mengolah gula tersebut. Dahulu, penyakit ini banyak diderita oleh orang yang sudah berusia tua, ketika fungsi organnya sudah berkurang. Selain itu, orang dewasa juga lebih mungkin terkena diabetes tipe dua, apalagi bila keluarga mereka memiliki riwayat diabetes. Sayangnya, kini diabetes banyak mengintai kaum muda bahkan anak-anak.  Charity Diabetes UK, yang meganalisis data menegaskan, berat badan sendiri bukanlah satu-satunya faktor risiko. Para ilmuwan khawatir, banyak orang yang tampak kurus mungkin memiliki lemak internal yang di sekitar organ mereka. Meski sebagian besar tersembunyi, lemak ini menghasilkan hormon dan zat lain yang mampu memengaruhi kadar kolesterol, gula darah, tekanan darah, hingga meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk diabetes. 

Setidaknya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh London Metropolitan University pada bulan Juli menemukan, meski sebanyak 15 persen anak-anak memiliki berat badan yang sehat, kandungan lemak internal mereka tergolong tinggi. Sementara itu, Diabetes UK yang mempelajari data lebih dari 200.000 pasien dari National Diabetes Audit mengungkapkan, hampir sembilan dari sepuluh pasien diabetes tipe dua memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25 dan dikategorikan sebagai "kelebihan berat badan". Sementara itu, lebih dari setengah orang yang baru dididiagnosis, mengalami obesitas. Namun, diketahui sebanyak 11,3 persen dari mereka memiliki berat badan yang normal. Penderita diabetes sendiri diharuskan untuk menanamkan pola makan khusus dan memonitor kadar gula darah mereka. Di Inggris, sekitar 3,2 juta orang dewasa diperkirakan menderita diabetes tipe 2, termasuk di antaranya sekitar 850.000 orang yang belum didiagnosis. Pejabat NHS memperkirakan, jumlah tersebut akan meningkat hingga 4,6 juta orang di tahun 2030. 

Menanggapi penelitian yang menyatakan makan sehat dan olahraga ternyata bukan jaminan bebas dari diabetes, Barbara Young, dari Diabetes UK pun menyarankan agar kita melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit diabetes secara dini. Pasalnya, dengan begitu kita pun bisa memeroleh langkah medis dan saran secara lebih cepat dan tepat untuk mencegah penyakit ini. (Dailymail)