Find Us On Social Media :

Ini Cara Memelihara Mata Bayi dan Anak Agar Sehat

By Birgitta Ajeng, Selasa, 30 September 2014 | 10:00 WIB

Ini Cara Memelihara Mata Bayi dan Anak Agar Sehat

Intisari-Online.com - Saat anak masih berada di rahim ibu, perkembangan matanya sudah mulai tersusun. Saat baru lahir mata anak cenderung sulit untuk terbuka karena memang mereka masih beradaptasi. Ketika bayi sudah mulai beranjak usianya maka matanya juga sudah mulai bisa berfungsi normal. Begitu besarnya fungsi mata maka pemeliharaan terhadap mata perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara memelihara mata bayi dan anak agar sehat menurut buku All About Kesehatan Anak (2014).

1. Bersihkan muka dan kotoran di sudut mata secara perlahan, jangan sampai mengenai bola mata agar bayi dan anak tidak merasa pedih.

2. Berikan stimulasi pada mata bayi dengan memindah-mindahkan mainan dari bagian atas, samping kiri, dan kanan agar seimbang dan terhindar dari mata juling.

3. Ajak bayi dan anak berjalan-jalan ke luar rumah, melihat pemandangan segar pepohonan hijau secara rutin untuk memelihara kesehatan mata mereka.

4. Hindarkan anak terlalu dekat melihat layar televisi dan berbagai perangkat teknologi yang marak saat ini seperti smartphone, komputer, tablet, dan laptop.

5. Berilah makanan yang menyehatkan mata secara seimbang, seperti sayuran hijau dan merah, buah-buahan, protein hati, dan sejenisnya.

6. Jangan biarkan rambut anak mengenai dalam mata karena rasanya kurang nyaman dan bisa teriritasi.

7. Jika mat teriritasi maka teteskanlah obat mata yang aman dan jika belum juga berkurang bawalah anak ke dokter mata.

Nah, itu tadi beberapa cara memelihara mata bayi dan anak agar sehat. Semoga bermanfaat.