Find Us On Social Media :

Antibiotik Sebabkan Obesitas pada Anak

By Lila Nathania, Kamis, 2 Oktober 2014 | 17:00 WIB

Antibiotik Sebabkan Obesitas pada Anak

Intisari-Online.com - Sejak kecil kita sudah akrab dengan antibiotik. Saat menderita penyakit tertentu, dokter biasanya memberi resep antibiotik. Sayangnya kebiasaan ini ternyata tidak terlalu baik karena antibiotik sebabkan obesitas pada anak.

Bayi usia dua tahun yang sudah diberi setidaknya empat rangkaian obat antibiotik 10% lebih beresiko mengalami obesitas. Meski begitu para peneliti mengatakan bahwa hasil studi ini masih perlu dipelajari lagi dengan lebih mendalam.

Menurut mereka sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara konsumsi antibiotik dengan obesitas. Oleh karenanya peneliti tidak melarang dokter untuk memberi antibiotik pada anak.

Studi menunjukkan bahwa tidak semua antibiotik sebabkan obesitas pada anak. Sejumlah antibiotik yang secara langsung ditujukan untuk penyakit spesifik tidak terlalu menyebabkan obesitas. Sedangkan antibiotik yang bisa membunuh sejumlah tipe bakteri justru lebih bisa menaikkan berat badan.

Profesor Charles Bailey dari Universitas Pennsylvania mengatakan bahwa kemungkinan antibiotik secara tak sengaja membunuh bakteri baik di usus kita. Oleh karenanya metabolisme tubuh menjadi lambat dan resiko obesitas meningkat.

Para peneliti juga menambahkan bahwa pemberian antibiotik yang berlebih dapat menghambat pertumbuhan anak. Jadi memang antibiotik sebaiknya diberikan secukupnya saja pada buah hati tercinta agar tidak menimbulkan efek negatif.

Profesor Bailey sendiri mengakui bahwa penelitian yang lebih mendalam masih diperlukan untuk mengetahui apakah antibiotik memang bisa menyebabkan obesitas pada anak. Mereka akan lebih memperhatikan aspek-aspek lain dari aktivitas dan pola makan anak untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih akurat (BBC).