Find Us On Social Media :

Lima Penyebab Aneh Sakit Gigi

By Chatarina Komala, Sabtu, 4 Oktober 2014 | 06:00 WIB

Lima Penyebab Aneh Sakit Gigi

Intisari-Online.com -  Kita tahu beberapa penyebab umum sakit gigi, seperti masalah gusi, gigi berlubang, atau kerusakan gigi. Meski begitu, ada juga beberapa penyebab aneh sakit gigi yang harus kita ketahui, karena ternyata, kebersihan mulut dan diet sehat tidak selalu menjamin kesehatan gigi. Berikut adalah beberapa penyebabnya.  

1. Terlalu banyak berolahraga

Olahraga memang sangat penting bagi kesehatan. Namun berolahraga secara berlebihan ternyata bisa merusak gigi. Penelitian menunjukkan, atlet yang melakukan latihan beban menghadapi risiko yang lebih besar erosi gigi ketimbang yang tidak. Hal ini disebabkan oleh kondisi mulut yang kering karena kekurangan air liur, sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri.  

2. Sinusitis

Sinus adalah rongga udara di dalam dan sekitar pipi serta rongga hidung. Ketika kita menderita infeksi sinus (sinusitis), jaringan lunak yang melapisi rongga membengkak dan memproduksi lendir dalam jumlah yang berlebihan. Pembengkakan ini memberi tekanan pada akar gigi dekat rongga yang menyebabkan sakit gigi. Rasa sakit ini biasanya juga akan memengaruhi beberapa gigi, bukan hanya satu gigi.

3. Gusi yang turun

Sensitivitas pada  gigi bisa menyebabkan gusi semakin menipis dan turun, sehingga enamel pada garis gusi berkurang. Tanpa pelindung, gigi akan terekspos dan terasa sakit ketika digunakan untuk mengunyah makanan yang panas atau dingin. Ini bisa diatasi dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif agar mampu memperkuat enamel.  

4. Gigi keropos

Sakit gigi dapat disebabkan oleh gigi yang rusak, retak, atau keropos. Ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti cedera, perubahan suhu yang ekstrem, atau ketika kita menggigit makanan yang keras. Akibatnya, bagian dalam gigi pun terbuka dan sensitif. Selain itu, karena pengeroposan kadang sulit dideteksi, kerusakan ini juga mampu memicu infeksi.  5. Menggemeretakkan gigiIni adalah penyebab aneh sakit gigi yang tidak disadari telah dilakukan oleh sebagian besar orang.  Kebiasaan ini bisa menyebabkan sakit kepala, sakit pada rahang, dan otot wajah. Selain itu, ini juga bisa merusak gigi dan menyebabkan sakit gigi. (Healthmeup)