Find Us On Social Media :

Empat Penyakit yang Bisa Disembuhkan oleh Yoga

By Chatarina Komala, Minggu, 5 Oktober 2014 | 07:00 WIB

Empat Penyakit yang Bisa Disembuhkan oleh Yoga

Intisari-Online.com – Kita tahu manfaat umum dari yoga, seperti mengurangi stres, rasa cemas, menjaga keseimbangan serta fleksibilitas tubuh. Namun, tahukah kita ada manfaat lain, seperti masalah kesehatan yang lebih serius yang bisa diobati oleh yoga? Berikut adalah empat penyakit yang bisa disembuhkan oleh yoga.1. Gangguan Ritme JantungFibrilasi atrium adalah kondisi jantung di mana ruang atas jantung bergetar tak terkendali. Hal ini menyebabkan pusing, sesak napas, dan jantung berdebar, yang pada akhirnya mampu meningkatkan risiko gagal jantung.

Sebuah studi dari University of Kansas mengungkapkan, berlatih yoga dua kali seminggu atau lebih mampu mengurangi frekuensi fibrilasi atrium ini, juga depresi dan kecemasan yang sering kali dialami oleh pasien. Meski begitu, yoga ini harus berjalan bersamaan dengan konsumsi obat, serta terapi untuk mengobati gangguan ritme jantung. Yoga juga dapat mengatasi berbagai faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, stres dan kecemasan, dan kolesterol tinggi.

2.  Kanker Payudara

Memang, tidak mungkin secara instan mencegah atau mengobati kanker payudara dengan berlatih yoga. Namun, wanita yang menderita kanker payudara metastatik bisa memeroleh banyak keuntungan dengan melakukan yoga selama dan setelah perawatan.Penelitian menunjukkan, pasien kanker payudara yang melakukan yoga bisa lebih efektif mengatasi efek samping dari pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi. Tiga jam yoga setiap minggu mampu mengurangi ketidaknyamanan fisik dan menurunkan kadar hormon stres. Selain itu, yoga juga mampu mengurangi kelelahan, peradangan dan nyeri, serta membuat pasien lebih aktif dan rileks. 

3. Menopause

Menopause menyebabkan fluktuasi kadar hormon dalam tubuh wanita, yang bersamaan dengan perubahan fisik dan psikologis lainnya. Haid tidak teratur, cepat marah, perubahan tidur, berat badan, dan penurunan hasrat seksual merupakan beberapa perubahan yang disebabkan oleh menopause.

Berlatih yoga secara teratur dapat mengurangi gejala-gejala ini. Bahkan, yoga telah terbukti mampu meningkatkan energi, mengurangi ketidaknyamanan fisik, stres dan kecemasan, serta meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

4. Penyakit Hati

Ini adalah penyakit yang bisa disembuhkan oleh yoga. Pasalnya, hati kita menyimpan banyak vitamin, nutrisi dan mineral yang menjaga tubuh tetap sehat. Ketika ada racun yang masuk, seperti alkohol dan lain sebagainya, hati membantu membuang racun keluar dari tubuh. Namun, hati juga rentan akan gangguan seperti sirosis yang mampu membuat fungsi itu tidak berjalan dengan efektif.Beberapa postur yoga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di perut dan menjaga fungsi hati. Kita bisa memeragakan teknik pernapasan yang benar sepanjang latihan serta minum air yang banyak setelah yoga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. (Healthmeup)