Find Us On Social Media :

'Alzheimer dalam Piring', Terobosan Terbaru Mencari Pengobatan Penyakit Alzheimer

By Chatarina Komala, Rabu, 15 Oktober 2014 | 20:30 WIB

'Alzheimer dalam Piring', Terobosan Terbaru Mencari Pengobatan Penyakit Alzheimer

Intisari-Online.com -  Setelah berhasil mereproduksi penyakit pada sel otak manusia dalam piring laboratorium, para ilmuwan di Amerika memperkenalkan "Alzheimer dalam Piring", terobosan terbaru mencari pengobatan penyakit Alzheimer, bentuk kepikunan yang paling umum. 

Rudolph Tanzi, Pemimpin peneliti dari Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston mengatakan, mereka menumbuhkan sel otak dalam cairan kental, lalu menambahkan gen untuk Alzheimer. Ia mengatakan, sel tersebut akan segera mengembangkan gumpalan plak dan kumparan-keduanya merupakan ciri Alzheimer yang menghentikan kegiatan otak normal.

Terobosan ini sendiri diharapkan akan membantu mengurangi waktu dan biaya pengembangan obat. Pasalnya, selama ini, para peneliti harus mengkaji penyakit itu dalam tikus, sebuah proses yang dapat menghabiskan banyak waktu.

Karenanya, dengan ditemukannya "Alzheimer dalam Piring", terobosan terbaru mencari pengobatan penyakit Alzheimer ini, Tanzi mengatakan para pakar bukan hanya dapat menguji ribuan obat dalam waktu beberapa bulan, tetapi juga mengurangi biaya pengetesan. (VOA)