Find Us On Social Media :

JEC Peringati World Sight Day dengan Operasi Katarak Gratis

By Lila Nathania, Jumat, 17 Oktober 2014 | 13:00 WIB

JEC Peringati World Sight Day dengan Operasi Katarak Gratis

Intisari-Online.com - Minggu kedua bulan Oktober selalu diperingati sebagai penglihatan sedunia. Oleh karenanya Sabtu (11/10) lalu JEC peringati World Sight Day dengan operasi katarak gratis.

Acara ini diselenggarakan oleh Jakarta Eye Center (JEC) yang bekerjasama dengan PT. Bukaka Teknik Utama (BTU) dan Gereja Kristus Yesus (GKY) . Pada hari itu tim dokter JEC mengoperasi 52 pasien katarak yang berasal dari PT. BTU, GKY, dan Rumah Bersalin Lestari.

Tujuan dari dipilihnya operasi katarak sebagai bentuk kegiatan CSR ini sendiri adalah untuk mendukung upaya pemerintah menjalankan program Indonesia bebas katarak per tahun 2020. JEC sendiri sudah melakukan kegiatan operasi katarak gratis secara rutin sejak tahun 2008.

Efek kegiatan JEC peringati World Sight Day dengan operasi katarak gratis ini tentu sangat baik. Pasalnya, Indonesia adalah penduduk dengan jumlah penderita katarak terbanyak di Asia (urutan ketiga di dunia).

Tak heran, salah satu penyebab utama penyakit katarak adalah paparan sinar matahari. Indonesia sendiri terkenal sebagai negara agraris. Jadi saudara-saudara kita para nelayan itulah yang paling rentan menderita penyakit tersebut.

Saat ini ada sekitar 3,5 juta orang Indonesia yang buta. Sebanyak 70% dari mereka menjadi buta akibat katarak yang parah dan tidak ditangani dengan benar. Hal ini sangat disayangkan karena sebenarnya katarak bisa disembuhkan melalui operasi.

Operasi katarak sendiri sekarang sudah jauh dari kata menyeramkan. Teknologi modern membuat operasi katarak sangat minim luka trauma. Sebagai contoh nyata, di JEC sendiri sejak tahun 2012 sudah tidak pernah ada kasus kegagalan operasi.

Zaman dulu katarak dihilangkan dengan operasi manual yang meninggalkan lima hingga tujuh jahitan. Katarak dipotong dengan pisau oleh dokter sehingga penyembuhan pasca operasi membutuhkan waktu.

Akan tetapi hal itu sudah tidak berlaku lagi. Sekarang operasi katarak dilakukan dengan laser dan komputer. Katarak dipotong dengan sinar yang sudah diprogram oleh komputer dengan presisi. Mata pasien pun tidak perlu dijahit karena bekas luka hanya sekitar 2mm saja.

Jadi jika Anda memiliki saudara atau rekan yang menderita katarak namun keadaan ekonominya tidak mampu, sarankan mereka untuk mengikuti kegiatan amal seperti JEC peringati World Sight Day dengan operasi katarak gratis ini.