Find Us On Social Media :

7 Kesalahan Cara Menyisir yang Bikin Rambut Rusak

By Axel Natanael Nahusuly, Selasa, 21 Oktober 2014 | 11:00 WIB

7 Kesalahan Cara Menyisir yang Bikin Rambut Rusak

Intisari-Online.com - Menyisir rambut tampaknya merupakan kegiatan sederhana yang kita lakukan sehari-hari. Tapi sebenarnaya itu tidak sesederhana yang kita kira. Inilah 7 kesalahan cara menyisir yang bikin rambut rusak.

1. Menyisir dari akar ke ujung rambutJangan menyisir rambut dari akar sampai ke ujung rambut. Tapi sisirlah rambut mulai dari beberapa inci di bawah dan hanya mengambil rambut yang kusut saja. Dengan begitu rambut akan lebih terjaga.

2. Menyisir saat rambut basahSaat rambut dalam keadaan basah, rambut akan merenggang dan lebih lemah. Maka kerusakan pun lebih mungkin terjadi. Jadi biarkan rambut kering terlebih dahulu sebelum menyisir.

3. Mengatasi rambut kusut dengan sisir tebalSisir yang tebal atau memiliki gigi yang lebar lebih efektif untuk mengatasi rambut kusut dibandingkan dengan sisir yang memiliki gigi tipis dan rapat. Namun sebelum menyisir, aplikasikan produk untuk mengatasi rambut yang kusut terlebih dahulu. Gunakan semprotan untuk jenis rambut yang halus, pelembab untuk rambut dengan ketebalah biasa, dan krim untuk rambut yang tebal atau kasar. Dengan itu rambut akan mudah disisir.

4. Menyisisr berlebihanMenyisir rambut secara berlebihan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan. Lebih baik fokus pada kualitas menyisir, bukan jumlahnya.

5. Menggunakan sisir yang salahKerusakan rambut juga mungkin terjadi karena menggunakan alat yang salah. Sisir dengan bahan alami seperti kayu jauh lebih lembut untuk rambut daripada sisir dengan bahan sintetis. Bahan alami juga lebih baik dalam mendistribusikan minyak alami rambut melalui pertengahan batang dan ujung.

6. Menggunakan sisir kotorSama seperti halnya mencuci kuas mekeup, sisir rambut juga harus dicuci seminggu sekali. Pertama, hilangkan semua sisa rambut yang tersangkut di sisir, lalu cuci sisir dengan aliran air hangat. Tambahkan shampoo sampai berbusa. Kemudian bilas sisir sampai bersih dan keringkan dengan handuk.

7. Sisir menyebabkan rambut keringMenyisisr terlalu sering juga dapat menyebabkan rambut kering karena gesekan. Sebelum menyisir, semprotkan hairspray pada sisir. Atau tambahkan beberapa tetes minyak rambut pada sela jari untuk menyisir rambut.Sudah tahu kan 7 kesalahan cara menyisir yang bikin rambut rusak? Jangan dipraktikkan lagi ya. (Dreamersradio/Yahoo)