Find Us On Social Media :

Apakah Proses Memasak dapat Merusak Nutrisi Sayuran?

By Lila Nathania, Selasa, 21 Oktober 2014 | 17:00 WIB

Apakah Proses Memasak dapat Merusak Nutrisi Sayuran?

Intisari-Online.comBanyak orang yang lebih senang memasak sendiri ketimbang harus membeli di luar. Memasak di rumah seringkali dianggap lebih sehat karena kita bisa memilih sendiri bahan-bahan bakunya. Akan tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya apakah proses memasak dapat merusak nutrisi sayuran?

Jawabannya adalah, ya. Memasak jelas bisa merusak nutrisi sayuran. Oleh karenanya kita harus cerdik dalam memilih cara memasak yang baik. Jika Anda tahu triknya, proses memasak pun bisa jadi justru meningkatkan nutrisi bahan dasar makanan.

Salah satu jenis bahan makanan yang lebih bernutrisi ketika sudah dimasak yaitu tomat. Kandungan antioksidan likopen dalam tomat akan menjadi lebih terkonsentrat ketika sudah dimasak. Likopen sendiri sangat terkenal akan khasiatnya menurunkan resiko kanker.

Jadi seperti apakah proses memasak yang dapat merusak nutrisi sayuran? Jika Anda senang memasak sendiri di rumah, hindari merebus, mengukus, atau memasak sayan dengan cara apapun dalam waktu yang terlalu lama.

Masak dalam waktu yang dingkat saja agar nutrisi sayuran tidak hilang. Beberapa teknik memasak yang bisa Anda pilih adalah menumis dengan minyak panas dalam waktu singkat atau merebus sayuran tanpa perlu sampai terlalu matang.

Bila Anda bisa mengonsumsi sayur dan buah dalam keadaan mentah, hal ini juga merupakan ide yang bagus. Asal Anda yakin sayur dan buah tersebut bebas pestisida seta sudah dicuci sampai bersih, konsumsilah keduanya mentah-mentah.

Proses memasak memang dapat merusak nutrisi sebagian besar sayuran. Oleh karenanya kita harus lebih cermat dalam memasak agar jangan sampai bahan dasar makanan sehat yang sudah kita pilih justru menjadi tidak bernutrisi lagi (FoxNews).