Find Us On Social Media :

Tujuh Cara Tetap Sehat Selama Liburan (1)

By Chatarina Komala, Kamis, 23 Oktober 2014 | 10:00 WIB

Tujuh Cara Tetap Sehat Selama Liburan (1)

baru. Tak jarang, kita pun akan cenderung mencoba banyak hal baru, tak terkecuali "berkuliner" yang sayangnya mampu menyumbang kalori besar bagi tubuh dan pada akhirnya mengakibatkan kenaikan berat badan. Karenanya, berikut adalah tujuh cara tetap sehat selama liburan

1. Batasi porsiMerupakan hal yang lumrah, apabila kita memiliki keinginan untuk mencicipi seluruh jenis makanan lokal maupun berbelanja dengan "royal", ketika kita bepergian. Namun, tanpa kita sadari, hal itu bisa menambah asupan kalori dan lemak di dalam tubuh. Karenanya, ketimbang menghabiskan uang untuk sesuatu yang hanya menambah berat badan, kita bisa saling berbagi makanan, atau membatasi porsi dengan memesan makanan secukupnya. 

2. Siapkan camilan sehatMakanan tanpa pengawet adalah alternatif sehat yang bisa kita konsumsi selagi liburan. Kita bisa menyiapkan apel, pisang, buah-buahan kering, atau biskuit gandum sebagai camilan sehat teman liburan.  

3. Pilih menu yang sehatKetimbang mengonsumsi makanan yang digoreng atau mengandung banyak gula, kita bisa memilih daging panggang, salad segar, atau sup tanpa krim. Kita juga bisa menikmati makanan lokal yang terkenal, seperti ikan segar dari laut atau buah-buahan tropis.  

4. Memasak sendiri 

Daripada mengunjungi restoran lokal, kita bisa pergi ke toko kelontong dan membeli beberapa bahan makanan segar untuk dimasak sebagai makan malam atau sekadar camilan. Secara tidak langsung, ini adalah cara tetap sehat selama liburan yang akan membuat kita merasa seperti di rumah, sekaligus mengontrol asupan makanan yang masuk. (Healthmeup)