Find Us On Social Media :

Berbagi Cake dengan Teman Membuat Kita Merasa Lebih Baik

By Lila Nathania, Senin, 27 Oktober 2014 | 07:00 WIB

Berbagi Cake dengan Teman Membuat Kita Merasa Lebih Baik

Intisari-Online.com - Banyak orang yang ingin mengudap makanan makanan legit ini tetapi tidak senang dengan perasaan bersalah yang ditimbulkannya. Lain kali coba berbagi cake dengan teman karena akan membuat kita merasa lebih baik.

Sudah bukan rahasia bahwa di kala diet kita sering tergoda mengonsumsi makanan yang ‘jahat’. Kita tahu seharusnya makanan-makanan manis atau tinggi lemak tidak dikonsumsi. Akan tetapi terkadang godaan yang datang lebih besar dari kemauan kita untuk diet.

Para peneliti pun ternyata paham dengan fenomana ini. Oleh karenanya mereka menyarankan kita untuk sharing sebab berbagi cake dengan teman membuat kita merasa lebih baik.

Ketika orang lain ikut nerinisiatif, kita menjadi tidak terlalu merasa bersalah. Apalagi jika ide itu datang dari teman kita. Secara tidak sadar kita akan merasa lebih baik meski tindakan itu tak benar.

Riset unik ini dilakukan oleh Fangyuan Chen, mahasiswa doktoral Hong Kong University of Science and Technology. Menurut Chen, orang yang berbagi dengan temannya akan merasa bahwa tanggungjawab mereka akan konsekuensi negatif mengonsumsi kue tersebut lebih rendah.

Berdasarkan percobaan yang sudah dilakukan Chen, berbagi cake dengan teman membuat kita merasa lebih baik. Bahkan saat kita yang menyarankan ide itu, jika teman kita menyetujuinya, kita merasa lebih baik. Seakan-akan kita bukanlah satu-satunya orang yang bertanggungjawab atas keputusan tersebut.

Jadi, lain kali jika ingin mengonsumsi cake berkalori tinggi, ajaklah teman Anda. Dapat dipastikan Anda tidak akan merasa terlalu buruk setelahnya. Setidaknya Anda sudah berbagi lemak dan kalori dengan sahabat karib (Today).