Find Us On Social Media :

Fakta Mengerikan yang Akan Membuat Anda Berhenti Merokok

By Lila Nathania, Rabu, 5 November 2014 | 19:45 WIB

Fakta Mengerikan yang Akan Membuat Anda Berhenti Merokok

Intisari-Online.com - Siapa yang tak tahu bahwa rokok memiliki sejuta dampak negatif pada kesehatan? Meski sudah ada begitu banyak peringatan, jutaan orang masih melakukan kebiasaan buruk ini. Berikut paparan fakta mengerikan yang akan membuat Anda berhenti merokok.

Masa tua seorang perokok dapat dipastikan suram. Rokok merupakan penyebab utama dari penyakit kanker paru-paru yang sangat mematikan. Hingga hari ini di seluruh dunia belum ada orang yang dapat sembuh dari kanker ini. Jika Anda merokok, angka kemungkinan terkena kanker paru-paru akan meningkat hingga 13 kali lipat.

Bila Anda tidak terkena penyakit paru-paru, pilihan lainnya adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Penyakit ini memang lebih ringan dari kanker paru-paru akan tetapi tidak dapat disembuhkan.

Sepanjang sisa hidup, Anda harus rutin mengonsumsi obat dan kontrol ke dokter. Berdasarkan perhitungan di tahun 2014, setiap bulannya Anda harus menghabiskan uang sekitar 450.000 rupiah jika Anda mengidap PPOK. Uang tersebut dibutuhkan untuk membeli inhaler agar Anda tidak mengalami sesak napas.

Apa lagi fakta mengerikan yang akan membuat Anda berhenti merokok? Di dunia ini kanker yang paling mematikan adalah kanker paru-paru. Parahnya lagi, saat ini usia penderita kanker paru-paru semakin muda. Banyak orang berusia 30 tahun yang sudah terkena kanker paru-paru stadium empat.

Anda harus berhenti merokok secepatnya karena selain mematikan, kanker paru-paru juga sangat menghabiskan banyak uang. Untuk mendeteksi kanker paru-paru saja anda membutuhkan uang sekitar 10 juta rupiah. Jika Anda dinyatakan positif mengidap kanker paru-paru, biaya yang dibutuhkan sungguh tak terbayang lagi.

Untuk memperlambat waktu kematian, Anda harus melakukan kemoterapi. Setiap kemoterapi Anda membutuhkan uang sekitar 10 juta rupiah. Bayangkan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan? Sudah diterapi pun, kanker ini tak bisa dibunuh. Jadi Anda hanya bisa menunda waktu kematian saja.

Itulah fakta mengerikan yang akan membuat Anda berhenti merokok. Buanglah puntung rokok  itu sekarang agar Anda tidak makin rentan terkena kanker paru-paru.