Find Us On Social Media :

5 Fakta Unik Tentang Penglihatan pada Bayi

By Birgitta Ajeng, Kamis, 6 November 2014 | 20:15 WIB

5 Fakta Unik Tentang Penglihatan pada Bayi

Intisari-Online.com - Meskipun dulu kita pernah berpikir bahwa bayi tidak dapat melihat pada saat lahir, namun sekarang kita tahu bahwa bayi bukan saja dapat melihat, tetapi juga mulai belajar dari apa yang dilihatnya. Berikut ini adalah lima fakta unik tentang penglihatan pada bayi menurut buku Orangtua Cermat, Anak Sehat karya dr. Arifianto, SpA.

1. Saat baru lahir, bayi tidak dapat melihat sejelas orang dewasa, tetapi mereka dapat mengenali sosok yang ada di hadapannya.

2. Saat berusia satu bulan, bayi dapat mengenali wajah, bentuk benda, dan warna-warni. Jarak pandangnya sekitar 20-30 cm.

3. Saat berusia 3-4 bulan, kebanyakan bayi dapat memfokuskan pandangan pada benda yang berukuran kecil dan membedakan warna (khususnya merah dan hijau). Setelah usia tiga bulan, si kecil akan berusaha meraih setiap benda yang ada di dekatnya. Bila benda yang ada hilang, ia akan mencarinya.

4. Saat berusia 4 bulan, koordinasi gerak kedua bola mata sudah cukup baik sehingga bayi mengenali bentuk dengan sangat baik (pandangan binokular).

5. Saat berusia 12 bulan, kemampuan penglihatan bayi sama dengan orang dewasa.

Nah, itu tadi beberapa fakta unik tentang penglihatan pada bayi. Melalui indera penglihatannya, dengan cepat mereka belajar membedakan antara benda dan manusia, mengartikan bahasa tubuh dan tanda-tanda nonverbal, dan setiap hari sedikit demi sedikit belajar tentang dunia di sekitarnya.