Find Us On Social Media :

8 Tips Pintar yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Suplemen (2)

By Lila Nathania, Senin, 10 November 2014 | 19:00 WIB

8 Tips Pintar yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Suplemen (2)

Intisari-Online.com - Di dunia modern ini suplemen sudah merupakan barang yang biasa. Banyak orang mengonsumsi suplemen agar lebih sehat, mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, melengkapi nutrisi yang tidak didapat dari makanan, dan lain-lain. Berikut 8 tips pintar yang perlu Anda ketahui sebelum membeli suplemen.

5. Lakukan Riset di Situs Terpercaya

Sebelum membeli sebuah suplemen, cari fakta dulu selengkap mungkin. Anda bisa membaca manfaat kesehatan dari setiap jenis suplemen di website National Institutes of Health Office of Dietary Supplements. Dari situlah Anda bisa memilih suplemen apa yang tepat sesuai kebutuhan.

6. Konsultasi dengan Ahli

Anda bisa bertanya-tanya dahulu dengan apoteker atau dokter sebelum membeli suplemen. Apoteker dapat memberi tahu Anda efek samping dari setiap suplemen. Sedangkan dokter bisa menyarankan Anda suplemen apa yang aman dan efektif untuk dikonsumsi.

7. Carilah Logo USP

USP adalah badan nonprofit US Pharmacopeia asal negeri paman sam. Jika sebuah suplemen sudah diverifikasi oleh USP, maka semua isinya dapat dipastikan aman. Produk itu pasti mengandung zat yang sesuai dengan standar dan tidak tercemar oleh zat-zat lain melebihi kadar aman.

8. Hindari Obat-obat Berikut Ini

Suplemen Kava, Bitter Orange, L-trytophan yang terkontaminasi, dan Chromium. Keempat obat ini sudah terkenal memiliki efek samping serius. Manfaat yang Anda dapatkan dari suplemen tersebut tidak sebanding dengan resiko efek samping yang mungkin muncul mulai dari serangan jantung, kerusakan hati, hingga stroke.

Itulah empat tips pintar yang perlu Anda ketahui sebelum membeli suplemen. Baca empat tips lain dalam artikel pertama (FoxNews).