Find Us On Social Media :

Ini Keterampilan Seorang Bayi yang Berkembang Sangat Cepat Selama Tahun Pertama

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 22 November 2014 | 14:00 WIB

Ini Keterampilan Seorang Bayi yang Berkembang Sangat Cepat Selama Tahun Pertama

Intisari-Online.com - Sejak lahir, bayi menunjukkan kemampuan, keinginan belajar dan memahami dunia sekitar secara menakjubkan. Bayi belajar untuk membedakan suara dengan sangat cepat, dan dapat mengenali suara dan wajah ibu mereka pada tahap yang sangat dini. Masih ada banyak lagi keterampilan seorang bayi yang berkembang sangat cepat selama tahun pertama seperti yang ditunjukkan berikut ini.

- 3 bulan

Meraih benda-benda yang berada dalam jangkauan tangannya dan mencoba untuk mengambilnya; dapat mengangkat kepalanya selama waktu yang cukup lama, baik dalam posisi tengkurap atau terlentang. Selain itu, bayi juga mampu mengekspresikan suasana hatinya melalui berbagai variasi ekspresi wajah; memberikan respons terhadap suara yang berbeda-beda dan menjadi tenang saat mendengar suara yang lembut. Bayi pun dapat membedakan pria dan wanita dari wajahnya.

- 6 bulan

Pada masa ini, bayi mampu menggunakan jari-jarinya untuk memasukkan makanan ke dalam mulut sebagai langkah untuk menyuapi diri sendiri dan dapat duduk tanpa bantuan apa pun. Ia dapat mengenali namanya dan menengok saat dipanggil, berteriak saat marah, mengoceh saat bermain, dan tertawa saat senang. Ia pun bisa mengenali dirinya sendiri di cermin, dan bahkan dapat mengenali dirinya di foto.

- 9 bulan

Dapat menunjukan sebuah benda yang menarik perhatiannya dan membuat gerakan melangkah saat ditopang di bawah ketiaknya. Ia juga menunjukkan rasa ingin tahu tentang bayi-bayi lainnya, dan bahkan menyentuh mereka. Dia mungikn meniru suara binatang yang Anda buat. Selain itu, dia akan membalas lambaian tangan jika seseorang melambai padanya.

- 12 bulan

Si kecil dapat menuangkan air dari sebuah wadah yang ada di tangahnya. Ia pun semakin lincah, dapat memanjat tangga tanpa kesulitan. Ia juga menunjukkan rasa sayang pada anggota keluarga lainnya. Ia mengenali nama anggota keluarga lainnya. Selain itu, dia dapat mengikuti instruksi sederhana seperti, “ayo lambaikan tangan”.

Nah, itu keterampilan seorang bayi yang berkembang sangat cepat selama tahun pertama. Semoga bermanfaat.