Find Us On Social Media :

Inilah Cara Mencegah Varises

By Birgitta Ajeng, Rabu, 26 November 2014 | 12:00 WIB

Inilah Cara Mencegah Varises

Intisari-Online.com - Pelebaran pembuluh darah / varises pada ibu hamil dapat mengganggu pertumbuhan janin. Varises dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Sebagian kasus terjadi pada usia trimester pertama kehamilan, namun juga bisa muncul pada bulan-bulan berikutnya. Berikut ini adalah cara mencegah varises.

1. Selama hamil, dianjurkan tidak berdiri terlalu lama. Cobalah duduk dengan kaki sedikit diangkat selang beberapa waktu. Jangan menyilangkan kaki pada saat duduk, regangkan pergelangan kaki. Berbaring dengan kaki terangkat juga bisa membantu.

2. Siapkan bantal di bawah kaki Anda saat tidur.

3. Hindari kenaikan berat badan yang terlalu drastis.

4. Mengangkat beban berat sebaiknya dihindari!

5. Pada saat buang air besar, jangan mengejan. Banyak konsumsi sayur, buah, serta minum air putih agar terhindari dari konstipasi.

6. Gunakan sepatu bertumit rendah dan baju yang nyaman serta longgar (jangan ketat). Hindari ikat pinggang yang terlalu ketat.

7. Lakukan olahraga agar peredaran darah lancar.

8. Banyak konsumsi vitamin dan mineral, terutama vitamin C, karena dapat membuat pembuluh darah tetap elastis dan sehat.

9. Untuk mencegah varises pada rektum (disebut juga wasir atau hemoroid) Anda harus menjaga diri agar tidak mengalami sembelit. Makanlah sayur dan buah sebanyak mungkin.

Nah, itu tadi cara mencegah varises. Varises biasnaya terlihat pada kaki, tapi bisa juga pada vulva, rektum, anus, dan vagina. Faktor keturunan dikatakan berperan penting dalam munculnya varises.