Find Us On Social Media :

Waspada Saat Berjabat Tangan dengan Orang Lain

By K. Tatik Wardayati, Senin, 8 Desember 2014 | 10:00 WIB

Waspada Saat Berjabat Tangan dengan Orang Lain

Intisari-Online.com – Berjabat tangan saat bertemu dengan seseorang yang kita kenal adalah hal yang lumrah dilakukan. Karena itu merupakan bagian dari budaya ketimuran kita. Tapi, waspada saat berjabat tangan dengan orang lain.

Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh dailymail menyarankan agar kita berhati-hati dengan kebiasaan sederhana itu. Penelitian yang dilakukan oleh University of Texas di Austin mengingatkan kita tentang kemungkinan penyebaran bakteri, kuman, virus, karena berjabat tangan.

“Kita tidak akan pernah tahu apa penyakit, bakteri, atau virus yang terkandung pada tangan seseorang. Kita juga tidak tahu apa yang baru saja mereka pegang. Kemungkinan penyebaran penyakit karena virus sangat tinggi,” kata Sheril Kirshenbaum, peneliti dan penulis The Science of Kissing.

Tidak hanya waspada saat berjabat tangan dengan orang lain, Kirshenbaum juga mengatakan  bahwa berciuman sebenarnya sehat daripada berjabat meskipun banyak orang berpikir bahwa ciuman akan mentransfer banyak bakteri. “Saat berciuman infeksi bakteri tidak terjadi, tetapi akan memicup naiknya sistem kekebalan tubuh manusia secara alami. Tidak seperti berjabat tangan yang lebih berbahaya daripada berciuman.”

Tentu saja, bukan berarti kita lantas menghindari berjabat tangan dengan seseorang. Sebagai langkah pencegahannya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam seperti dengan makan makanan sehat.