Find Us On Social Media :

Mitos dan Fakta Kesehatan (2): Terlalu Sering Menyetir Mobil Bisa Menurunkan Kesuburan Pria?

By Birgitta Ajeng, Selasa, 9 Desember 2014 | 18:30 WIB

Mitos dan Fakta Kesehatan (2): Terlalu Sering Menyetir Mobil Bisa Menurunkan Kesuburan Pria?

Intisari-Online.com - Beragam informasi kesehatan yang beredar di masyarakat terkadang tidak dilengkapi dengan penelitian terkait atau penjelasan ilmiahnya. Buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan yang bersumber dari jurnal ilmiah dari penerbit yang kredibel, menguaknya. Salah satunya mitos tentang apakah terlalu sering menyetir mobil bisa menurunkan kesuburan pria? Yuk, ketahui beberapa mitos kesehatan dan temukan fakta menarik di baliknya.

1. Saat sedang batuk, rasanya enak sekali mengonsumsi air jeruk panas. Tapi apakah benar ini justru berbahaya?

Fakta: Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi air jeruk tidak menyebabkan batuk akibat alergi pada mereka yang menderita asma. Jus jeruk murni mengandung vitamin C yang justru membantu pemulihan flu dan batuk. Selain itu, penelitian menunjukkan lebih rendahnya kecenderungan batuk pada mereka yang konsumsi vitamin C-nya lebih tinggi.

Namun, untuk orang-orang yang sensitif atau tenggorokannya sering radang, rasa asam jeruk memang bisa memancing batuk-batuk. Jika Anda termasuk golongan ini, lebih baik beralih ke buah lain di saat batuk.

2. Benarkah anggapan bahwa santan kelapa bisa menyebabkan penyakit jantung?

Fakta: Pantangan dokter pada oang-orang yang berpenyakit jantung salah satunya pasti “kurangi makanan bersantan”. Menariknya, lemak dalam buah kelapa adalah lemak rantai medium (medium chain triglyceride) yang lebih mudah dibakar sehingga kecil kemungkinan ditimbun dalam tubuh. Walaupun begitu, santan tetap saja mengandung lemak yang jika dikonsumsi berlebihan tanpa diimbangi olahraga bisa berbahaya bagi kesehatan.

3. Saya sangat suka mengonsumsi mentimun, namun selalu khawatir karena banyak yang bilang itu bisa menyebabkan keputihan. Bagaimana faktanya?

Fakta: Sejauh ini tidak ada studi yang menghubungkan antara mentimun dan vagina. Selama cairan yang keluar dari vagina berwarna bening atau putih susu, serta tidak berbau tak sedap, vagina tetap sehat. Secara alami, produksi cairan pada vagina akan meningkat di waktu-waktu tertentu, seperti saat ovulasi atau menyusui.

4. Saya pernah dengar, terlalu banyak menyetir konon dapat menurunkan kesuburan pria. Benarkah hal tersebut?

Fakta: Studi menemukan, pria pengemudi taksi memiliki kualitas sperma yang kurang baik dibandingkan pria yang bukan pengemudi taksi. Bahkan semakin senior pengemudi tersebut, semakin buruk kualitas spermanya.

Ada alasan mengapa testis disimpan di luar tubuh dalam kantong khusus (tidak seperti ovarium yang disimpan di dalam tubuh). Alasannya, supaya suhu testis lebih rendah daripada suhu internal tubuh sehingga produksi sel sperma berlangsung optimal.

Sementara itu, posisi mengendarai mobil bisa meningkatkan suhu testis hingga 2 derajat Celcius. Padahal kenaikan suhu 1 derajat Celcius saja bisa mengurangi jumlah dan pergerakan sperma. Selain menyetir, celana yang terlalu ketat dan berendam di air hangat terlalu sering bisa mengurangi kesuburan pria.