Find Us On Social Media :

Fakta Menakjubkan tentang Jantung Manusia

By K. Tatik Wardayati, Senin, 15 Desember 2014 | 10:00 WIB

Fakta Menakjubkan tentang Jantung Manusia

Intisari-Online.com – Anda bisa merasakan detak jantung sendiri, tetapi berapa banyak yang Anda tahu yang sebenarnya terjadi di jantung Anda? Berikut ini beberapa fakta menakjubkan tentang jantung manusia yang perlu Anda tahu.

Fakta 1. Jantung kita berdetak sekitar 100.000 kali setiap hari, mengirim sekitar 7.570 liter darah melalui tubuh kita. Meski jantung kita tidak lebih besar dari kepalan tangan kita, tapi jantung dapat membuat darah mengalir melalui 60.000 mil pembuluh darah dalam tubuh kita.

Fakta 2. Jantung kita terus berdenyut meski dipisahkan dari tubuh kita karena memiliki impuls listrik sendiri. Yang dibutuhkan jantung adalah pasokan cukup oksigen.

Fakta 3. Setiap hari, jantung kita menghasilkan energi yang cukup untuk menggerakkan truk 32 kilometer. Sepanjang hidup, itu sama artinya dengan mengemudi ke bulan dan kembali lagi.

Fakta 4. Suara berdetak dalam detak jantung dibuat oleh empat katup pada jantung.

Fakta 5. Detak jantung janin sekitar dua kali lebih cepat dari orang dewasa, sekitar 150 denyut per menit. Ketika janin berusia 12 minggu, jantung memompa 60 liter darah setiap hari.

Fakta 6. Biasanya, jantung seorang wanita berdetak lebih cepat daripada pria. Denyut jantung rerata manusia adalha sekitar 70 denyut per menit, sedangkan rerata wanita memiliki denyut jantung sekitar 178 denyut per menit.

Fakta 7. Jantung pertama mulai berdekat pada empat minggu setelah pembuahan dan tidak berhenti sampai mati.

Fakta 8. Percobaan membuktikan, jika pasangan yang sedang jatuh cinta menatap mata satu sama lain selama tiga menit, denyut jantung mereka melakukan sinkronisasi.

Fakta 9. Seumur hidup, rerata jantung memompa hampir 1,5 juta barel darah yang cukup untuk mengisi 200 kereta tangki.

Fakta 10. Memiliki kucing mengurangi risiko serangan jantung dan stroke hingga lebih dari sepertiganya.

Fakta 11. Jantung mengalami perubahan saat mendengarkan musik. Apakah jantung berdetak lebih cepat atau lebih lambat, tergantung pada irama musik.

Fakta 12. Memiliki orgasme 3 – 4 kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga setengahnya.

Nah, itu tadi fakta menakjubkan tentang jantung manusia. Fakta apalagi yang Anda tahu?