Find Us On Social Media :

Hindari 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Setelah Olahraga

By Axel Natanael Nahusuly, Rabu, 17 Desember 2014 | 06:00 WIB

Hindari 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Setelah Olahraga

Intisari-Online.com - Olahraga teratur tentu bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh kita. Namun, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang setelah olahraga. Akibatnya manfaat olahraga itu jadi kurang maksimal. Berikut adalah enam kesalahan tersebut.

1. Melewatkan proses pendinginan

Setelah latihan berat, sangat penting untuk mendinginkan tubuh. Ini merupakan proses membiarkan tekanan darah dan detak jantung kembali ke tingkat normal, sehingga mengurangi risiko cedera. Kita dapat melakukan gerakan-gerakan ringan setelah latihan untuk membuat tubuh kembali ke tingkat normal.

2. Terlalu lama menggunakan pakaian berkeringat

Setelah olahraga, kita harus cepat mengganti pakaian. Karena di sana akan berkembang biak bakteri dan jamur. Jika kita mengenakan pakaian berkeringat terlalu lama, ada kemungkinan terjadi infeksi kulit. Ini adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang setelah olahraga.

3. Tidak segera mandi

Mandi sama pentingnya dengan mengganti pakaian berkeringat dan mencucinya. Jika kita tidak mandi, artinya kita mengizinkan pertumbuhan bakteri di tubuh kita. Jadi, segeralah membersihkan tubuh usai berolahraga.  Selain terhindar dari kuman, tubuh akan terasa lebih segar dan kulit lebih sehat.

4. Minum alkohol

Salah satu kesalahan besar setelah olahraga adalah minum minuman beralkohol.  Karena tubuh akan gagal memulihkan diri dengan tepat waktu dan bisa mengalami dehidrasi. Jadi sebaiknya tunggu sampai tubuh rileks dengan baik, sebelum mengonsumsi alkohol.

5. Tidak minum cukup air

Minum air merupakan hal yang sangat penting untuk menghidrasi tubuh setelah olahraga. Begitu olahraga selesai, selain melakukan pendinginan dan istirahat, tubuh juga perlu air untuk membuat tubuh kembali normal dan rileks.

6. Melewatkan waktu tidur

Melewatkan waktu tidut merupakan salah satu kesalahan terburuk, setelah olahraga. Kita tahu bahwa tubuh akan menyembuhkan dirinya sendiri dan memperbaiki jaringan otot robek saat kita tidur. Jadi, jika kita melewatkan waktu tidur usai olahraga, kita tidak memberikan keempatan pada tubuh untuk memulihkan diri dengan baik.Itulah 6 kesalahan yang sering dilakukan orang setelah olahraga. (Boldsky)