Find Us On Social Media :

Fakta Tentang Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Ketahui (1)

By Birgitta Ajeng, Kamis, 18 Desember 2014 | 16:00 WIB

Fakta Tentang Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Ketahui (1)

Intisari-Online.com - Meski tampak ringkih, pada dasarnya, bayi yang baru lahir sangat tangguh. Jadi, ayah atau ibu tak perlu merasa takut atau ragu-ragu untuk menggendongnya. Masih ada fakta menarik lainnya tentang bayi. Berikut ini adalah fakta tentang bayi yang baru lahir.

1. Ukuran antropometrik

Seperti berat lahir, panjang badan, dan lingkar kepala pada setiap bayi berbeda-beda. Umumnya, bayi lahir dengan berat badan berkisar antara 3.000 – 3.500 g, dengan panjang badan rata-rata 50 cm dan lingkar kepala 37 cm. Pada hari-hari pertama, bayi yang baru lahir akan mengalami penurunan berat badan, tetapi dalam waktu 4-5 hari berat badannya akan kembali naik.

2. Rambut halus

Bayi yang baru lahir memiliki banyak rambut halus di sekujur tubuhnya (lanugo) terutama pada bayi prematur. Namun, rambut ini secara perlahan akan menghilang dalam bulan-bulan pertama kehidupannya. Begitu pula rambut kepala, dalam waktu beberapa minggu akan rontok dan selanjutnya akan tumbuh rambut permanen.

3. Kelopak mata sembap

Kelopak mata bayi baru lahir, selama beberapa hari biasa terlihat agak sembap. Bahkan, kadang bagian putih mata (konjungtiva) juga tampak merah akibat pendarahan ringan. Namun, tidak perlu cemas karena kondisi ini akan membaik dengan sendirinya.

4. Mata berair

Kadang mata bayi baru lahir juga tampak berair. Ini tak perlu dirisaukan karena saluran air mata pada sebagian bayi baru lahir itu, belum terbuka, sehingga mata jadi berair. Sejalan dengan waktu, saluran ini akan membuka dengan sendirinya. Boleh juga dibantu dengan melakukan pijatan lembut di sudut-sudut mata bagian dalam.

5. Fokus penglihatan

Bila ibu tidak memperoleh anestesi atau obat penghilang rasa sakit sewaktu melahirkan (karena bisa berpengaruh pada bayi), maka sejak lahir bayi sudah mampu memfokuskan matanya ke suatu objek dan mengikutinya untuk jarak pendek.

Nah itu tadi beberapa fakta tentang bayi yang baru lahir. Semoga bermanfaat.

-bersambung-