Find Us On Social Media :

Fakta Tentang Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Ketahui (2)

By Birgitta Ajeng, Kamis, 18 Desember 2014 | 17:00 WIB

Fakta Tentang Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Ketahui (2)

Intisari-Online.com - Meski tampak ringkih, pada dasarnya, bayi yang baru lahir sangat tangguh. Jadi, ayah atau ibu tak perlu merasa takut atau ragu-ragu untuk menggendongnya. Masih ada fakta menarik lainnya tentang bayi. Berikut ini adalah fakta tentang bayi yang baru lahir.

1. Hidung

Hidung bayi pun bisa agak pesek akibat penekanan dari jalan lahir, tetapi akan terkoreksi secara spontan dalam beberapa hari.

2. Gigi

Meski sangat jarang, ada bayi yang saat lahir sudah memiliki gigi. Bila ini terjadi, konsultasikan pada dokter gigi apakah ini gigi yang memiliki struktur akar yang normal atau hanya gigi ekstra yang mudah copot, dan bisa tertelan atau menyumbat saluran napas.

3. Lidah

Lidah bayi baru lahir masih pendek dan biasanya ada jaringan halus yang menghubungkannya dengan dasar mulut. Tak usah cemas karena dengan berjalannya waktu akan “normal” dengan sendirinya.

4. Payudara

Pengaruh hormon ibu yang masuk ke tubuh janin selama kehamilan, bisa membuat payudara bayi baru lahir agak besar, juga pada bayi laki-laki. Bahkan pada bayi-bayi tertentu di hari-hari pertama payudaranya mengeluarkan cairan (tetesan susu).

5. Bibir kemaluan

Juga akibat pengaruh hormon ibu yang masuk ke sirkulasi darah bayi, bibir kemaluan bayi perempuan saat baru lahir biasanya agak sembab, kadang disertai keluarnya cairan putih atau kemerahan. Ini akan menjadi normal dalam waktu singkat.

Nah itu tadi beberapa fakta tentang bayi yang baru lahir. Semoga bermanfaat.

-bersambung-