Find Us On Social Media :

Fakta Tentang Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Ketahui (3)

By Birgitta Ajeng, Kamis, 18 Desember 2014 | 18:00 WIB

Fakta Tentang Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Ketahui (3)

Intisari-Online.com - Meski tampak ringkih, pada dasarnya, bayi yang baru lahir sangat tangguh. Jadi, ayah atau ibu tak perlu merasa takut atau ragu-ragu untuk menggendongnya. Masih ada fakta menarik lainnya tentang bayi. Berikut ini adalah fakta tentang bayi yang baru lahir.

1. Testis

Sedangkan pada sebagian bayi laki-laki biasanya testisnya belum turun atau kantong kemaluannya (skrotum) berisi air, atau kulupnya menempel erat di ujung penis. Merupakan hal yang biasa pula bila bayi mengalami ereksi.

2. Tungkai dan telapak kaki bengkok

Bila tungkai maupun telapak kaki bayi baru lahir terlihat bengkok, jangan buru-buru menganggap ini kondisi abnormal. Tulang bayi relatif lentur sehingga saat dalam rahim ia akan membengkok untuk menyesuaikan diri dengan kondisi rahim ibu yang sempit. Kondisi ini akan terkoreksi dengan sendirinya dalam waktu satu tahun pertama.

3. Kulit

Dalam minggu-minggu pertama, sebagian besar bayi baru lahir kulitnya tampak kering dan mengelupas, terutama pada tangan dan kaki. Tidak sedikit pula bayi lahir dengan ruam kulit dan “tanda lahir”. Bercak-bercak kebiruan di kaki dan tangan bayi juga merupakan hal normal di minggu awal kelahiran, karena nanti akan hilang dengan sendirinya. Namun, yang lebih harus diwaspadai adalah bila bibir dan lidah anak tampak biru, karena kemungkinan ada hubungannya dengan kelainan jantung atau paru-paru. Sebaiknya komunikasikan ke dokter.

4. Bayi kuning

Tidak sedikit bayi di usia beberapa hari mengalami ikterus atau kuning pada kulit dan bola mata (konjungtiva). Penyebabnya, saat di dalam rahim, bayi membutuhkan ekstra sel darah merak yang diproses oleh hati. Namun, hati bayi baru lahir biasanya belum mencapai maturasi, sehingga kapasitas pengolahannya belum efisien dan terjadilah peningkatan kadar bilirubin, sehingga bayi tampak kuning atau ikterus.

Baru pada minggu kedua, ketika hati semakin “matang”, kemampuannya akan meningkat, bayi pun tidak lagi kuning. Perlu diketahui, kuning pada bayi ASI eksklusif bisa berlangsung lebih lama, tetapi ibu tidak perlu cemas dan jangan menghentikan pemberian ASI.

Nah itu tadi beberapa fakta tentang bayi yang baru lahir. Semoga bermanfaat.

-selesai-