Find Us On Social Media :

Bagaimana Merawat Anjing Peliharaan dengan Baik? (2)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 13 Juni 2015 | 14:00 WIB

Bagaimana Merawat Anjing Peliharaan dengan Baik? (2)

Intisari-Online.com - Anjing adalah salah satu hewan yang paling bersahabat baik dengan manusia. Tak sedikit orang yang menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan mereka dan tentunya harus ada tanggung jawab yang besar dalam merawat anjing peliharaan dengan baik. Lalu, bagaimana caranya?

5. Hindari paparan sinar matahari yang terlalu sering

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi dan kulti terbakar. Hindari juga dari aspal jalan yang panas karena ini dapat membuat anjing peliharaan menjadi “tersiksa”.

6. Gunting kuku dan bersihkan telinganya

Melakukan kedua hal ini memang sedikit sulit. Namun, kita harus memotong kuku anjing peliharaan kita secara rutin. Jangan lupa untuk berhati-hati ketika memotongkan kukunya agar terhindar dari bagian kuku yang tidak diinginkan ikut terpotong. Begitu juga membersihkan telinganya, lakukan dengan pelan dan lembut. Gunakan produk pembersih telinga yang aman  untuk anjing.

Jika kita melakukan kesalahan dalam hal ini yang berarti membuat anjing peliharaan merasa kesakitan, maka ia akan mengamuk dan kemungkinan akan menolak jika suatu hari nanti kita kembali akan memotong kuku dan membersihkan telinganya.

7. Beri vaksinasi dengan tepat waktu

Ini adalah salah satu aspek terpenting untuk menjaga anjing peliharaan kita. Vaksinasi akan menjadikan anjing peliharan sehat. Memberikan vaksinasi juga harus rutin dan tepat waktu. Sebaiknya konsultasi dan minta petunjuk dokter hewan agar lebih pasti.

Itulah beberapa tips merawat anjing peliharaan dengan baik. Hewan juga makhluk hidup yang sama seperti manusia, jadi kita harus menjaga mereka dengan penuh kasih sayang. (magforwomen.com)