Find Us On Social Media :

14 Fakta Aneh Tentang Antartika (1)

By Lila Nathania, Selasa, 16 Juni 2015 | 08:00 WIB

14 Fakta Aneh Tentang Antartika (1)

Intisari-Online - Satu-satunya benua yang diselimuti es ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan benua-benua lainnya. Berikut 14 fakta aneh tentang Antartika.

1. Jika ingin bekerja di Antartika,  gigi bungsu dan usus buntu seseorang harus diambil. Stasiun-stasiun Antartika tidak menyediakan tempat operasi. Karena itulah gigi bungsu dan usus buntu seseorang harus diambil jika ingin bekerja di sini (bahkan jika keadaannya sehat seutuhnya).

2. Tempat terkering di dunia adalah Antartika. Posisi persisnya berada pada Dry Valleys. Jadi  temupat terkering bukanlah gurun melainkan Antartika.

3. Sekitar 53 juta tahun yang lalu, benua Antartika begitu panas. Di sepangjang pesisir pantai benua ini bahkan tumbuh pohon-pohon kelapa.

4. Dulu terdapat stasiun tenaga nuklir di Antartika. Stasiun bernama McMurdo ini dimiliki oleh Amerika Serikat dan mulai beroperasi sejak tahun 1962.

5. Walau memiliki cuaca yang sangat ekstrem, ada 1.150 spesies jamur yang ditemukan di Antartika. Jamur memang diketahui memiliki kemampuan hebat dalam beradaptasi dengan iklim.

6. Secara teknis, Antartika berada di seluruh bagian waktu dunia. Mengapa bisa begitu? Semua garis lintang dan bujur yang digunakan untuk mengidentifikasikan zona waktu bertemu di kutub bumi.

7. Tidak ada beruang kutub di Antartika. Beruang kutub tinggal di Kanada dan Arktik, bukan Antartika.