Find Us On Social Media :

14 Fakta Aneh Tentang Antartika (2)

By Lila Nathania, Selasa, 16 Juni 2015 | 09:00 WIB

14 Fakta Aneh Tentang Antartika (2)

Intisari-Online Satu-satunya benua yang diselimuti es ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan benua-benua lainnya. Berikut 14 fakta aneh tentang Antartika.

8. Rekor temperatur terendah bumi tercatat di Antartika. Suhu -89,2 derajat celcius itu terjadi pada 21 Juli 1983 di Stasiun Vostok, Antartika.

9. Antartika adalah benua terbesar kelima dan 99% bagiannya diselimuti oleh es. Gletser yang menyelimuti benua ini sering disebut sebagai lembaran es.

10. Ketebalan rata-rata es di Antartika mencapai 1,6 kilometer. Antartika juga memiliki sekitar 70% dari total air bersih yang ada di bumi.

11. Antartika memiliki salah satu pegunungan terpanjang di dunia yang bernama the transantartic mountains. Pegunungan ini membagi benua Antartika menjadi bagian Barat dan Timur.

12. Keberadaan Antartika tidak diketahui sebelum tahun 1820. Sebelumnya, orang-orang mengira Antartika hanyalan sekumpulan pulau saja.

13. Saat ini sudah ada 48 negara yang menandatangani Perjanjian Antartika. Perjanjian itu membuat semua negara yang menandatanganinya bisa menjadikan Antartika sebagai tempat penelitian.

14. Tahun 1979  lahir bayi pertama di Antartika. Bayi bernama Emile Marco Palma ini dapat lahir di sana karena aksi terencana pemerintah Argentina. Mereka ingin mengklaim sebagian dari benua ini sehingga akhirnya dikirimlah seorang perempuan Argentina yang sedang hamil ke Antartika.

Itulah 14 fakta aneh tentang Antartika. Apakah Anda sudah mengetahuinya sebelum ini?