Find Us On Social Media :

Hymn to Creation, Lagu Pertama di Dunia yang Dibuat 4.000 Tahun yang Lalu

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 19 Juni 2015 | 12:00 WIB

Hymn to Creation, Lagu Pertama di Dunia yang Dibuat 4.000 Tahun yang Lalu

Intisari-Online.com - Lagu itu berjudul “Hymn to Creation”. Ia adalah lagu pertama di dunia yang dibuat 4.000 tahun yang lalu, yang menurut Trevor Homer dalam bukunya The Book of Origin, merupakan himne Suriah yang ditulis dalam bahasa Cuneiform.

Dalam buku yang sama juga disebutkan bahwa orang-orang Yunani merupakan yang pertama kali mengembangkan sistem simbol atau notasi untuk mencatat musik. Notasi itu tersusun dari dua sistem huruf berbeda, yaitu untuk instrumen dan musik vokal.

Kembali soal bahasa yang digunakan untuk menulis lagu tersebut: Cuneiform. Cuneiform adalah bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia yang digunakan oleh bangsa Sumeria di tenggara Mesopotamia. Sekitar 5.000 tahun yang lalu. Sementara himne Suriah itu sendiri dibuat kira-kira 3.400 – 4.000 tahun yang lalu.

Sejarah musik medoern sendiri tak bisa dilepaskan dari sosok Boethius, yang sejatinya adalah soerang filsuf Yunani. Boethius, yang hidup pada 470 – 525 Masehi, menulis lima buku tentang teori musik. Ia juga mengembangkan sistem notasi musik menggunakan 15 huruf pertama dalam deretan alfabet.

Setelah itu, dunia musik modern semakin berkembang pesat. Musisi-musisi hebat dan berbakat giliran bermunculan. Namun pada saat itu, orang-orang masih bermain musik dengan cara sederhana, yakni, saat berkumpul, beberapa orang akan membentuk ansambel.

Pada akhirnya, awal abad ke-17, pertunjukan orkestra pertama dalam sejarah pun diselenggarakan. Penampilan orkestra pertama itu diselenggarakan pada tahun 1615, menampilkan persembahan musik karya Giovanni Gabrieli: Sacrae Symphoniae.