Find Us On Social Media :

Rusia Akan Menyelidiki Pendaratan Pertama Amerika di Bulan

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 19 Juni 2015 | 18:45 WIB

Rusia Akan Menyelidiki Pendaratan Pertama Amerika di Bulan

Intisari-Online.com - Ini mungkin tampak sangat terlambat setengah abad, tapi begitulah adanya. Pemerintah Rusia akan menyelidiki pendaratan pertama Amerika di Bulan. Penyelidikan ini dilakukan terkait dengan hilangnya rekaman asli dan batu bulan yang diperoleh pada pendaratan pertama Amerika di bulan 1969 silam.

Vladimir Markin, juru bicara Komite Investigasi Pemerintah Rusia, kepada surat kabar Rusia Izvestia, menekankan, ia dan departemennya tidak mengatakan bahwa pendaratan itu tidak (pernah) terjadi, tetapi mereka hanya ingin mencari tahu keberadaan “artefak” tertentu yang mereka sebut sebagai “bagian dari warisan kemanusiaan”.

“Kami tidak mengatakan mereka tidak terbang (ke Bulan), dan hanya membuat film tentang itu,” tulisnya dari sebuah edorial di Izvestia. “Tapi ini murni kepentingan ilmiah—atau mungkin budaya—bahwa artefak adalah bagian dari warisan kemanusiaan, dan hilangnya mereka tanpa jejak adalah kerugian kita bersama. Sebuah penyelidikan akan mengungkapkan apa yang terjadi.”

 

Seperti dilaporkan oleh Reuters, NASA telah mengakui untuk menghapus rekaman asli pendaratan tahun 1969 dengan alasan penghematan, meskipun itu kemudian direstorasi menjadi lebih baik dengan rekaman lainnya.

Markin sekali lagi menekankan, penyelidikan tersebut mungkin akan mengungkap informasi terbaru perihal berbagai misi ruang angkasa. Meskipun terlihat aneh karena kasus yang akan diselidiki adalah kejadian yang terjadi 50 tahun yang lalu.

Apakah ini sebentuk balas dendam karena pemerintah AS telah “menyeberangi garis” ketika menangkap sembilan pejabat FIFA di Swiss?