Find Us On Social Media :

6 Tips Penting Puasa Saat Ramadhan (2)

By Lila Nathania, Sabtu, 20 Juni 2015 | 18:00 WIB

6 Tips Penting Puasa Saat Ramadhan (2)

Intisari-Online.com - Bulan ini adalah saat bagi kaum Muslim untuk menunaikan ibadah puasa. Sudah tahukah Anda tentang  6 tips penting puasa saat Ramadhan berikut?

4. Hindari karbohidrat sederhana saat sahur

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, nasi cokelat, gandum utuh, dan kacang-kacangan adalah jenis makanan yang baik untuk dimakan saat sahur. Makanan ini lama dicerna dalam tubuh sehingga akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Tetapi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti putih, jus buah, atau camilan-camilan ringan justru akan membuat perut cepat lapar. Makanan semacam ini cocok dimakan saat berbuka puasa. Makanan yang cepat dicerna akan membuat Anda langsung kenyang dalam waktu singkat. Setelah kenyang, Anda dapat beristirahat atau tidur sebelum waktu sahur tiba.

5. Jangan lupakan protein

Baik saat sahur maupun berbuka, jangan lupakan protein. Protein dibutuhkan tubuh untuk menjaga massa otot serta membuat kita merasa kenyang juga. Protein bisa didapatkan dari makanan hewani seperti ikan dan ayam atau makanan nabati seperti tahu dan tempe.

6. Perhatikan masalah minum

Rahasia utama puasa yang sukses adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi. Untuk pria, Anda disarankan minum sekitar tiga liter per hari. Sedangkan untuk perempuan disarankan minum 2,2 liter per hari. Air ini bisa Anda bagi konsumsinya saat berbuka dan sahur. Dalam bulan puasa Anda juga disarankan tidak mengonsumsi minuman berkafein serta bersoda.

Itulah tiga tips penting puasa saat Ramadhan. Semoga dalam bulan puasa ini Anda dapat menjalankan puasa dengan lancar dan badan tetap bugar (GlobalNews).