Find Us On Social Media :

(Jakarta 488 Tahun) Hari Lahir Jakarta: Mitos, Legenda, atau Hanya Cerita?

By Moh Habib Asyhad, Senin, 22 Juni 2015 | 19:10 WIB

(Jakarta 488 Tahun) Hari Lahir Jakarta: Mitos, Legenda, atau Hanya Cerita?

Intisari-Online.com - Masalah siapa yang memimpin tentara koalis Cirebon-Demak-Banten melawan raja Padjajaran belum terpecahkan dengan tuntas. Rupanya hal ini sulit terungkap karena dokumen sejarah dari masa itu tidak ada, baik yang berbentuk tulisan maupun benda sejarah.

Nilai sejarah cerita Purwaka Tjaruban Nagari yang pengarangnya menyebut diri Pangeran Aria Tjarbon masih diperdebatkan oleh para sejarawan. Naskah dari sekitar tahun 1720 ini telah beredar sejak awal abad ke-19 di luar lingkungan Keraton Cirebon. Belum ada edisi kritis dari naskah penting ini, apalagi mengenai kitab sumbernya yang disebutkan pada halaman terakhir yakni naskah Negarakertabumi.

Purwaka Tjaruban Nagari bukan dokumen dari zaman Jakarta didirikan, maka pengetahuan tentang sumbernya penting. Selain itu naskah ini penuh cerita ajaib dari bagian-bagian yang memperlihatkan kepentingan pihak Cirebon pada waktu itu.

Atas dasar yang secara halus dapat disebut ketidakpastian itu dibangun suatu sejarah tentang tokoh “pendiri” Jakarta, yaitu Fatahillah. Keberadaan dan peran penting seseorang yang muncul dalam aneka sumber sejarah sebagai Tagaril, Fadilah Khan, Falatehan atau Fatahillah, tak dapat disangsikan.

Namun penjelasan mendalam tentang hubungan tokoh dari Pasai (Sumatra Utara) tersebut dengan berdirinya Jakarta masih terus dikaji oleh sejarawan dalam dan luar negeri.

Mengingat keadaan sumber-sumber sejarah yang sulit ditemukan, bahkan harus dikatakan hampir nihil, maka pada awal berdirinya Kota yang dinamai Jayakarta itu akan tetap diliputi kabut, sehingga mitos dengan leluasa dapat berkembang, dipelihara, bahkan diresmikan. Nasib ini memang bukan hanya khas Jakarta.

Memang sejarah yang kritis kadang kala menyajikan kejadian historis sebagai peristiwa yang bercorak agak biasa, sedangkan mitos, legenda, dan cerita dengan leluasa dapat membakar imajinasi dan semangai. Tetapi ini bukan maksud sejarah yang ingin mengenal kenyataan dan menafsirkannya.

Apakah menginjak abad XXI ini orang akan puas dengan mitos ataukah mereka ingin mengetahui kebenaran? Kapankah akan terbit sejarah Jakarta yang kritis? Apakah sudah waktunya? Sudah mungkinkah dengan mengingat nasib aneka buku kritis yang muncul akhir-akhir ini?

Jakarta yang merayakan hari ulang tahun ke-470 sepantasnya memiliki kajian sejarahnya, yang realistis serta ilmiah. Walaupun masa awal dan sejarah berikutnya akan tampak agak biasa, sejarah seperti ini diperlukan untuk membangun sudtu rasa, memiliki warga kota pada pergantian abad ini yang tidak lama lagi akan berlangsung. Mitos dan legenda tetap berfungsi, namun tidak memadai. sebagai landasan pembangunan masa depan suatu masyarakat yang peduli pada nasib kotanya dan peninggalan-peninggalan sejarahnya.