Find Us On Social Media :

Ana Rochelle Pondare, Wanita 18 Tahun dengan Tubuh "Berusia" Usia 144 Tahun

By Arnaldi Nasrum, Selasa, 23 Juni 2015 | 11:00 WIB

Ana Rochelle Pondare, Wanita 18 Tahun dengan Tubuh

Intisari-Online.com - Gadis tertua di Filipina baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-18. Ana Rochelle Pondare, wanita asal Filipina yang memiliki kondisi genetik langka dan aneh yang menyebabkan tubuhnya berusia sepuluh kali lebih cepat dari yang normal. Dokter mengatakan bahwa tubuh Pondare telah berusia 144 tahun meski usia sebenarnya baru 18 tahun.

Kebanyakan penderita progeria seperti yang dialami Ana meninggal pada usia 14 tahun. Ini menjadi salah satu alasan perayaan ulang tahun Pondare yang bertema putri lengkap dengan gaunnya yang indah.

“Aku bukan gadis yang sempurna,” kata Ms Pondare ke CNN iReport pada tahun 2011.

“Kata Dokter, saya mengalami penuaan terlalu cepat dan hidup saya di dunia juga singkat, setelah 15 tahun, saya akan meninggal.” Tambahnya saat itu.

Pondare berjuang melawan prognosis dan didukung oleh keluarga dan teman-temannya. Pondare merupakan salah satu dari sangat sedikit pasien progeria yang mampu mencapai usianya sekarang ini.

Salah satu keinginan Pondare dalam ulang tahunnya adalah bertemu sang idola yakni penyanyi dan sekaligus aktris Filipina, Sarah Geronimo.

Keinginannya pun terpenuhi. Sarah Geronimo menemui Pondare. Bahkan mereka melakukan selfie bersama. Sarah juga berterima kasih karena Pondare telah menunjukkan harapan dan suka citanya.

Menurut Progeria Research Foundation, ada 80 anak di seluruh dunia yang menderita progeria. Di Filipina, hanya terdapat dua kasus. Penyebab kelainan genetik ini adalah protein jahat yang disebut progerin yang menempel pada dinding sel. Dr Pierre R. Clero, yang membantu merawat Pondare, selama ini memberikan perlakukan khusus dan krim untuk kulit Pondare. (dailymail.co.uk)