Find Us On Social Media :

Amou Haji, Pria yang Tidak Mandi selama 60 Tahun

By Lila Nathania, Sabtu, 4 Juli 2015 | 13:00 WIB

Amou Haji, Pria yang Tidak Mandi selama 60 Tahun

Intisari-Online - Tidak mandi seharian saja sudah terasa gatal-gatal. Bagaimana bila Anda seperti Amou Haji, pria yang tidak mandi selama 60 tahun?

Pria berusia 80 tahun ini tinggal di Desa Dejgah, Iran bagian selatan. Panggilan ‘Amou’ sendiri dibuat penduduk setempat karena dalam Bahasa Parsi, kata tersebut menunjukkan rasa sayang. Sehari-harinya, Amou tinggal dalam sebuah goa.

Amou memang bukan laki-laki biasa. Ia memiliki sejumlah kebiasaan yang aneh. Sebagai pengganti tembakau, ia mengisap kotoran hewan. Amou juga tak segan memakan bangkai. Katanya, ia paling senang memakan bangkai landak.

Menurut keyakinan Amou, mandi dan membersihkan diri justru akan membuat tubuhnya mudah terserang penyakit. Sekelompok pemuda setempat pernah mencoba untuk memandikan Amou. Tetapi kakek ini justru langsung melarikan diri.

Selain menghabiskan diri di goa yang sebenarnya berfungsi sebagai makam, Amou memiliki tempat tinggal lain. Penduduk setempat rupanya begitu menyayangi Amou sehingga mereka membangun sebuah gubuk untuknya.

Meski tidak pernah mandi, Amou sesekali merapikan jambang dan rambutnya. Ia biasanya menggunakan kaca spion mobil untuk melakukan hal tersebut.

Dengan tidak mandi selama 60 tahun, Amou Haji berhasil menjadi pemegang rekor orang yang paling lama tidak mandi. Sebelumnya posisi ini dipegang oleh seorang India bernama Kailash Singh. Pria berusia 66 tahun itu mengaku sudah tidak mandi selama 38 tahun (Sooperboy).