Find Us On Social Media :

15 Tahun Lalu, CIA Membuat Prediksi tentang Situasi Dunia Saat Ini (2)

By Lila Nathania, Minggu, 5 Juli 2015 | 18:45 WIB

15 Tahun Lalu, CIA Membuat Prediksi tentang Situasi Dunia Saat Ini (2)

Intisari-Online.com - Sebelum George Walker Bush menjadi presiden Amerika serikat atau 15 tahun lalu, CIA membuat prediksi tentang situasi dunia saat ini. Apakah prediksi tersebut tepat?

5. Sumber energi akan dapat memenuhi permintaan.

Fakta: Berhasil. Saat ini produksi minyak di Amerika Serikat terus meningkat. Tahun depan Amerika juga berjanji bisa menjadi eksportir utama dari gas alam cair.

6. Ekonomi Tiongkok akan bertumbuh hingga lebih besar dari Eropa namun tetap menjadi yang kedua karena posisi pertama dipegang oleh Amerika Serikat.

Fakta: Tidak benar. Menurut beberapa pihak, perekonomian Tiongkok memang lebih besar dari Amerika. Namun menurut beberapa pihak lain, saat ini perekonomian Tiongkok belum bisa menyamai perekonomian Eropa.

7. Eropa tidak akan mencapai mimpinya yang ingin memiliki perekonomian setara dengan Amerika Serikat. Amerika Serikat adalah pembentuk sistem perekonomian global.

Fakta: Tidak Benar. Laporan dari CIA ini sangat meremehkan perekonomian Eropa. Memang pada beberapa tahun awal di abad ke-21 ini mereka tidak memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik. Namun seiring dengan berjalannya waktu perekonomian mereka sudah membaik.

8. AIDS, kelaparan, perkembangan ekonomi, dan kekacauan politik di berbagai negara Afrika akan menyebabkan populasi di sana menurun.

Fakta: Salah. Populasi Afrika meningkat dari 800 juta jiwa di tahun 2000 menjadi 1,1 milyar jiwa tahun 2014 lalu.

Itulah isi dari prediksi tentang situasi dunia saat ini yang dibuat oleh CIA 15 tahun yang lalu (Yahoo).